Yulianus:Manfaatkan Lahan Untuk Kesejahteraan Masyarakat

  • Bagikan
Tahap penanaman bibit di lahan yang disediakan (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua-Merauke, Jumat lalu menggelar kegiatan bertajuk ‘Gerakan Tanam Pangan’ di Kampung Sumber Harapan Distrik Tanah Miring dengan menanam sejumlah komoditi unggulan. Kepala Balai Wilayah Sungai Papua-Merauke, Yulianus Mambrasar dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa hamparan lahan begitu luas di Kabupaten Merauke dengan luas mencapai 1,2 juta hektar.

Dalam hal ini 750.000 merupakan lahan potensial dan 250.000 lainnya sedang dipelajari oleh (BWS) Papua Merauke. Kali ini  yang ditanam selain padi adalah semangka, kedelai, kacang hijau,  jagung, lombok, singkong, ketimun dan sorgum. “Kita akan coba 1 hektar untuk tanam sorgum dan semoga berhasil.  Kita manfaatkan lahan yang ada untuk kesejahteraan masyarakat. Untuk sorgum mungkin hal yang baru namun kita akan coba yang dimotori oleh Danyon Marinir dengan jumlah 5 kg bibit,”tukasnya.

Ia mengungkapkan bahwa kurang lebih 2 tahun lerdasarkan pengamatan pihaknya khususnya di Merauke terkait pemanfaatan dan pengolahan air dipandang perlu untuk melakukan keseragaman, bahkan pembenahan dan penataan ulang. Pihaknya juga berencana akan membuka lahan seluas 10 hektar untuk menjadi lahan percontohan terkait tata guna air irigasi. Ia menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga kegiatan penanaman dapat berjalan baik dan diharapkan tidak bersifat ceremonial semata tetapi dapat berjalan secara berkesinambungan. “Diharapkan pada Bulan Desember kita bisa kembali lagi di lahan ini untuk melakukan panen raya,”pungkasnya.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *