Uskup Agung Merauke Kunjungan Kanonik ke Distrik Edera Mappi

  • Bagikan
Uskup Agung Merauke didampingi Penjabat Bupati Kabupaten Mappi dan rombongan saat berkunjungan ke Bade Distrik Edera Kabupaten Mappi (foto.ist)

MAPPI , ARAFURA– Uskup Keuskupan Agung Merauke Mgr Petrus Canisius Mandagi, MSC kembali melakukan kunjungan Kanonik ke Kevikepan Bade yang berada di Distrik Edera, Kabupaten Mappi, pada Rabu (9/8). Salah satu agenda kunjungannya adalah memimpin Sakramen Krisma bagi ratusan Remaja Katolik yang menerima tanda kedewasaan iman. Uskup Mandagi didampingi oleh Pj Bupati Kabupaten Mappi Michael R. Gomar, S.STP., M.Si yang juga menghadiri Acara Sakramen Krisma di Kevikepan Bade.

Sudah dua kali Uskup melakukan kunjungan ke Bade dalam dua tahun terakhir, Dimana Uskup Mandagi mengakui adanya perkembangan dan pertumbuhan di Kabupaten Mappi sejak kehadiran Pj Bupati Michael R. Gomar. “Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah banyak berbuat baik kepada umat Katolik. Terima kasih Bapak Bupati siapa tahu jadi Gubernur. Terima kasih atas bantuan kepada umat Katolik di Kabupaten Mappi, kehadiran Bapak Pj Bupati ini luar biasa. Ada pertumbuhan, ada perkembangan khususnya banyak bantuan diberikan kepada umat Katolik,” ujar Uskup dalam sambutannya di hadapan ribuan umat yang turut menghadiri Sakramen Krisma.

Salah satu hal yang menjadi sorotan Uskup yakni pembangunan jalan di sekitar Kevikepan dan Paroki langsung ditanggapi oleh pj Bupati dan akan dikerjakan tahun ini. Uskup berharap tidak ada lagi penindasan yang terjadi di Kabupaten Mappi terutama oleh aparat penegak hukum. Jika itu masih terjadi Uskup tidak akan segan melaporkan kepada pimpinan baik itu Kapolda bahkan Kapolri.

Persoalan lain yang disoroti Uskup adalah jaringan telekomunikasi yang disediakan oleh Telkomsel. Menurutnya, jaringan telekomunikasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk itu diharapkan operator dalam hal ini Telkomsel segera melakukan perbaikan dan peningkatan, jika tidak persoalan ini akan disampaikan langsung ke Menteri Kominfo.

Juga ditegaskan, meminta guru-guru melalui dinas pendidikan harus memastikan keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sebab guru sudah digaji sehingga sudah menjadi kewajiban untuk mengajar di sekolah. Namun Uskup optimis dengan kepemimpinan Pj Bupati Michael Gomar sebab beberapa keluhan warga bisa ditangani.
“Saya senang dengan Bapak Bupati, bahwa langsung ada tanggapan tidak janji-janji karena banyak pejabat janji tinggal janji tapi parlente jalan terus. Diisini bagus sebab langsung dilaksanakan. Nanti Saya datang tahun depan, jalan sudah mulus di sini, dan juga tidak kesulitan komunikasi karena sudah 4G, jangan 4G ada di HP tapi tidak ada signal hilang-hilang dan sebagainya. Tahun depan sudah bagus semua,” pesan Uskup.

Pada kesempatan yang sama Penjabat Bupati Mappi Michael Gomar mengatakan, apa yang menjadi nasehat dari Uskup harus direnungkan. “Secara pribadi, sebagai umat Katolik yang harus terus melakukan pelayanan kasih kepada sesama. Kita juga harus melihat bahwa kita diutus untuk memberikan pelayanan yang baik kepada umat dan masyarakat. Jadi contoh baik dalam sikap, perkataan dna perbuatan,”ujar Pj Bupati.

Dirinya berkomitmen akan menggunakan kesempatan itu untuk terus berkarya dan melakukan pembangunan nyata kepada seluruh masyarakat tidak hanya di Distrik Edera tapi juga di 15 distrik yang ada di wilayah Kabupaten Mappi. Maka berharap adanya dukungan dari semua umat dan masyarakat agar pembangunan yang dilakukan bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat.

“Kehadiran Saya di Mappi untuk melakukan pelayanan. Oleh sebab itu, Saya berharap, seluruh masyarakat dapat memberi dukungan kepada pemerintah daearah sehingga rencana pembangunan baik itu pelayanan pendidikan, kesehatan, infrastruktur yang ada di tiap distrik dapat dibangun. Mari tolong beri dukungan kepada kami pemerintah daerah,”ujarnya. (MPI/Felix)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *