Usai Direnovasi Langsung Gelar Open Turnamen Bupati Cup I

  • Bagikan

MAPPI,ARAFURA- Perhatian serius dilakukan Pemerintah Kabupaten Mappi dalam memajukan sektor olahraga menjadi salah satu sektor unggulan program pemerintah. Terbukti Lapangan Futsal yang seyogyanya sudah dimiliki namun tidak dimamfaatkan maksimal selama ini. Hal tersebut mendorong Penjabat Bupati Kabupaten Mappi Michael R. Gomar, S.STP., M.Si untuk merenovasi lapangan Futsal. Bahkan tidak tanggung-tanggung setelah direnovasi maka digelar Open Turnament Bupati Cup I yang diikuti 64 tim Futsal.

Dalam sambuatannya saat pembukaan open turnamen tersebut, Penjabat Bupati mengatakan sarana lapangan Futsal yang ada sudah tujuh kali dikujungi dirinya dan tergerak untuk dilakukan renovasi. Hal ini dimaksudkan agar lapangan yang telah ada dapat dimamfaatkan bagi peningkatan minat dan bakat namun ada prestasi yang nantinya bisa membanggakan bagi Kabupaten Sejuta Rawa sebutan Mappi.

Untuk itu melalui Dana APBD Perubahan TA 2022 telah dianggarkan sebesar 500 juta untuk proses renovasi. Dan proses renovasi termasuk pengecetan lapangan dilakukan. Dan akhirnya dapat digunakan sebagai mestinya. Meskipun diakui belum memenuhi standar atau ketentuan Asosiasi Futsal tapi lapangan ini menjadi kebanggaan bagi seluruh warga Mappi. Apalagi sejak dibangun Tahun 2019, dengan kondisi lapangan tertinggal dan akses jalan yang rusak.

“Kita sudah punya Lapangan Futsal, sudah direhab dan sudah menjadi sarana untuk pemuda Mappi kembangkan talenta sebagai pemain futsal dan sepakbola,”ungkapnya.

Bahkan menurut Penjabat Bupati Mappi bahwa pihaknya telah menetapkan lokasi tersebut sebagai Mappi Sport Center. Masterplan sudah ada dan sarana prasarana olahraga akan dibangun secara bertahap. Jalan akses akan diselesaikan tahun ini dengan pengaspalan dan pengecoran. Lapangan Futsal ini nantinya akan dijadikan lapangan indoor sehingga tahun ini akan dipasang atap dan karpet. Dan dalam tahun ini juga akan dibangun Lapangan Voli putra dan putri, Lapangan Basket serta Lapangan Badminton juga Arena Grass Track bagi pecinta balap motor.

“Kita akan jadikan lokasi ini sebagai Mappi Sport Center (MSC) pusat olahraga Mappi. Masterplan sudah ada walaupun butuh dana besar untuk pembangunan sarana prasarana olahraga tapi kalau kita tidak mulai, maka kita tidak akan pernah punya. Jadi kita harus mulai dan laksanakan seluruh aktifitas olahraga di lokasi ini. Karena di lokasi ini akan tumbuh bibit-bibit atlet dari Mappi yang siap bertanding di tingkat nasional. Juga akan menghidupkan ekonomi masyarakat. Mama-mama bisa jualan di halaman Mappi Sport Center,”tukasnya.

Untuk itu dengan tersedianya fasilitas olahraga yang memadai, Bupati Michael (sapaannya) berharap masyarakat turut menjaga dan memelihara dengan baik. Pada pelaksanaan Open Tournament Futsal Bupati Cup I akan menjadi gambaran dan tolak ukur dimana turnamen ini bisa berjalan baik, tanpa ada konflik apalagi yang bisa merusak fasilitas maka ke depan, akan lebih banyak even olahraga yang akan dilaksanakan. Sebab tujuan diselenggarakannya turnamen ini, tidak sekadar untuk mencari pemenang atau juara tapi sebagai ajang untuk menjalin kekerabatan dan persaudaraan. Sasaran utamanya adalah mencari dan menjaring atlet berpotensi dari Mappi untuk kedepan mampu tampil di ajang nasional bahkan internasional.**
(MPI/Felix)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *