Untung Sangaji, Polisi Yang Peduli Anak-Anak

  • Bagikan
Kedekatan Untung Sangaji bersama anak-anak dan penghargaan yang diterima (foto:ist)

JAYAPURA,ARAFURA,-Mantan Kapolres Merauke dan Aceh Utara, AKBP Ir.Untung Sangaji, MH dikenal sebagai polisi yang tidak hanya dekat dengan masyarakat tetapi juga akrab dengan anak-anak. Di berbagai kesempatan ketika bertugas di sejumlah daerah, ia kerap memperlihatkan kedekatan dan kebersamaan dengan anak-anak yang ditemui dan hal tersebut terjadi di mana saja. Tidak hanya pada momentum yang bersifat formal tetapi juga di berbagai situasi lain, ketika dirinya tengah melakukan aktivitas atau di sela-sela waktu senggangnya.

Saat Untung Sangaji menjabat sebagai Kapolres Merauke, ARAFURA News salah satu media yang rutin meliput kegiatan beliau sering melihat penumpas teroris itu berhenti di pinggir jalan dan menghampiri anak-anak yang sedang bermain. Menyapa mereka dengan ramah, Untung Sangaji juga membagikan makanan ringan dan permen yang disambut dengan penuh kegembiraan. Tidak jarang sebelum berpamitan, ia menciumi anak-anak kecil tersebut dengan penuh kasih sayang layaknya seorang ayah sambil memberikan nasehat-nasehat berharga.

Di dalam mobil dinasnya selalu tersedia sejumlah karung beras, permen serta makanan dan minuman ringan yang sengaja ia bawa untuk dibagikan kepada masyarakat dan anak-anak. Ya, polisi sahabat anak, nampaknya kalimat tersebut yang selalu diusung oleh penggagas home industri ini sehingga semakin dekat dan disayangi anak-anak di mana saja. “Peduli dan sayang kepada anak-anak Indonesia adalah karakter yang harus ditanamkan oleh kita khususnya sebagai aparat dimanapun kita bertugas. Ini yang selalu saya lakukan kepada masyarakat yang saya cintai, terutama anak-anak Indonesia yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa,”terang Untung Sangaji kepada ARAFURA News via telepon, Selasa (4/10).

Dalam berbagai kesempatan termasuk ketika ia merayakan ulang tahun, dirinya turut berbagi sukacita dengan anak-anak panti asuhan. Menjadi kebahagiaan tersendiri baginya ketika melihat anak-anak yang ia bantu tersenyum dan hidup bahagia. Tidak hanya itu, ketika momen hari raya, baik Idul Fitri maupun Natal, Untung Sangaji juga mengerahkan jajarannya untuk berbagi kasih dengan anak-anak. “Contohnya saat Natal dan saya masih Kapolres Merauke, kita berkeliling untuk memberikan bingkisan berupa sepatu kepada anak-anak agar saat hari raya nanti juga bisa bergembira  dengan sepatu baru.

Bahagia rasanya bisa berada di tengah anak-anak dan melihat mereka tersenyum,”tukas Untung Sangaji. Tidak hanya berbagi kasih, Untung Sangaji yang jago melukis ini juga suka mengajarkan anak-anak melukis. Tidak hanya dilakukan untuk anak-anak di lingkup Sekolah Dasar saja tetapi juga anak-anak jalanan yang menurutnya perlu diperhatikan. Yang membuat salut, Untung Sangaji mengajarkan anak-anak tersebut tanpa melihat tempat karena dapat dilakukan di mana saja. Untung Sangaji pernah mengajarkan anak-anak jalanan melukis di depan emperan ruko bahkan mengajak mereka makan di warung kaki lima.

Ia tidak tega melihat anak-anak tersebut harus menahan lapar dan terjerumus melakukan hal-hal yang negatif. Dengan mengarahkan mereka kepada hal-hal positif dan mengasah bakat diharapkan dapat membuat anak-anak tersebut lebih maju dan mau berubah menjadi lebih baik.  Untung Sangaji juga pro aktif membantu upaya pencegahan stunting agar anak-anak dapat hidup lebih sehat dengan gizi yang tercukupi. Satu hal lagi yang membanggakan, berkat komitmennya yang begitu kuat untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak serta konsisten menangani kasus yang menimpa anak dan perempuan, Untung Sangaji diganjar penghargaan dari Tim Reaksi Cepat Perlindungan Perempuan dan Anak atas dedikasi dan kerja keras dalam penegakan hukum serta perlindungan perempuan dan anak di Indonesia.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *