Untung Sangaji Berbagi Kisah, Kenang Masa Tugas Saat Masih Di Kepolisian

  • Bagikan

JAKARTA,ARAFURA,-Kisah tentang seorang mantan polisi seperti Untung Sangaji memang tidak akan ada habis-habisnya. Pasalnya, kehidupan pria yang pernah viral berkat aksi heroiknya melumpuhkan teroris di kawasan Sarinah beberapa tahun silam ini selalu menjadi cerita dan membekas di hati masyarakat yang pernah menjadi fokus perhatiannya.

Banyak hal yang telah ia lakukan, Untung yang juga menyandang gelar insinyur dan master hukum ini, saat masih aktif di kepolisian dikenal kreatif dan kerap melahirkan inovasi-inovasi, baik untuk institusi maupun masyarakat di wilayah tugasnya. Bukan tanpa alasan, Untung melakukan semua itu semata-mata demi menolong masyarakat dan ternyata langkahnya itu mendapat sambutan positif banyak pihak.

Tidak sebatas pada kreativitas, Kapolres Aceh Utara masa jabatan 2016-2018 ini juga terbilang aktif melakukan berbagai kegiatan sosial dengan membidik masyarakat. Bahkan dirinya turun langsung di lapangan memberikan bantuan, tanda bahwa ia sangat mencintai masyarakatnya. Dalam setiap kesempatan, Untung tidak pernah bosan mengingatkan tentang pentingnya berbuat baik terhadap sesama.

Kepada ARAFURA News via telepon, Minggu (5/5), Untung kembali berkisah tentang kepedulian yang menurutnya sudah seharusnya dilakukan dan masih dijalani hingga sekarang pasca purnatugas dengan jabatan terakhir sebagai Kabagada Rolog Polda Papua.

“Polisi harus mampu dalam hal apa saja, yang terbaik dalam melayani masyarakat maupun anggota. Ini yang saya pegang teguh saat masih aktif di kepolisian dahulu. Terhadap anggota sendiri saya berupaya dekat dengan mereka sambil memberikan masukan apa saja tentang motivasi dan inovasi tepat guna bagi mereka. Kenapa? Karena mereka semua itu adalah saudara kita sendiri dan karena mereka itulah kita menjadi komandan.

Jadi jangan sombong kepada siapapun, perlakukan mereka dgn baik dan terhormat, “terang Untung yang juga sukses menahkodai Polres Merauke tahun 2020-2022 ini. Menyinggung kembali tentang kebiasaannya berbagi dengan masyarakat, ia menegaskan bahwa semua dilakukan dengan tulus ikhlas di mana saja.

Baik berbagi ilmu pengetahuan, ketrampilan dan lain sebagainya, apapun itu akan menjadi kebahagiaan tersendiri di hatinya. Seperti yang diketahui saat menjabat sebagai kapolres, ia melatih masyarakat ketrampilan home industry dan berjalan baik. Untung berharap dengan ketrampilan memadai maka tidak ada lagi orang-orang yang melakukan tindakan kriminal hanya demi mendapatkan uang. Namun akan lebih produktif menghasilkan karya berkualitas yang bisa dipasarkan guna meraih penghasilan.

“Di wilayah nusantara ini masih sering kita dengar terjadi tindak kejahatan. Tentunya kita turut prihatin dengan kondisi tersebut, namun saya mempunyai harapan kejahatan atau kriminal bisa berkurang ke depan. Tentunya bila kita mempunyai perhatian khusus dan bersikap baik kepada masyarakat , bukan cuma penegakan hukum dan perlindungan semata, “pungkas Untung. (iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *