Tingkatkan Kompetensi Barista Lewat Pelatihan

  • Bagikan

MERAUKE, ARAFURA, -Setelah sukses menggelar pelatihan pemasaran digital bagi pelaku UMKM beberapa waktu lalu, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Selatan kembali menggelar pelatihan yang fokus pada ketrampilan barista di tempat yang sama Hotel Megaria, Kamis (20/6). Pelatihan yang berlangsung sejak tanggal 20 hingga 22 Juni itu melibatkan sebanyak 25 peserta di bawah sorotan tema “Majukan kopi Merauke dengan peningkatan kompetensi barista”.

Asisten 2 Setda Provinsi Papua Selatan, Sunarjo saat membuka pelatihan menyambut positif pelatihan yang digagas oleh pihak dinas dan komunitas pecinta kopi tersebut dan mengharapkan agar para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik. Termasuk bagi peserta yang notabene Orang Asli Papua (OAP) diharapkan lebih meningkat sehingga mampu melahirkan barista handal dari Papua.

Setelah pelatihan peserta juga dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh demi menghasilkan kualitas dalam racikan kopi yang lebih baik. “Jadi tidak hanya sekedar teori namun harus bisa dilakukan. Semakin sering dilakukan tentu semakin bagus, terlebih semakin banyaknya pecinta kopi di daerah ini, ” terangnya. Bahkan ia memberikan kesempatan bagi putra putri asli Papua yang ingin membuka cafe di depan kantor gubernur dengan menyediakan lahan khusus.

ini menunjukkan betapa besar perhatian dirinya terhadap perkembangan dan kemajuan anak asli Papua di wilayah selatan, termasuk dalam skill di bidang kopi.
“Kemandirian itu berawal dari dalam diri kita sendiri, bagaimana kita termotivasi dan punya komitmen untuk maju dan mau berkembang. Kita juga harus bisa melalui tantangan yang ada demi mencapai hasil yang terbaik. Semoga hasil terbaik dapat dicapai dari pelatihan ini dan mampu melahirkan anak selatan yang mandiri,” tukas mantan Wakil Bupati Merauke ini.

Sementara itu Yosefina Murindah R. Triasih selaku Kabid Koperasi dan UKM Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Selatan sekaligus ketua panitia menyampaikan, pelatihan tersebut merupakan program dasar untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan dasar pembuatan kopi yang berkualitas. Adapun tujuan pelatihan adalah untuk mempersiapkan barista agar mampu memberikan pelayanan kopi yang memuaskan bagi pelanggan serta meningkatkan reputasi kedai kopi atau perusahaan tempat mereka bekerja.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *