Terus Gaungkan Kebaikan, Simak Pernyataan Untung Sangaji Tentang Pentingnya Menolong Sesama

  • Bagikan

ACEH UTARA, ARAFURA, -Di berbagai kesempatan, Ir.Untung Sangaji, M.Hum, Kapolres Merauke masa jabatan 2020-2022 dan Kapolres Aceh Utara masa jabatan 2016-2018 terus menggaungkan tentang pentingnya berbuat baik dalam hidup dan tidak berhenti membantu sesama. Bukan maksud apa-apa, dirinya hanya berupaya melakukan hal-hal positif dan ditularkan kepada orang lain sehingga semakin banyak yang mau membantu orang lain yang membutuhkan.

Terlahir dari keluarga yang sederhana, pria segudang talenta ini sudah terbiasa menghadapi kerasnya hidup dan kerap menjumpai orang-orang yang masih hidup dalam keterbatasan serta membutuhkan sentuhan. Tidak heran, sejak usia remaja Untung sudah sering menolong orang, karakter penuh cinta kasih yang memang diajarkan oleh kedua orangtuanya sejak ia kecil. Ketika masih aktif di kepolisian dan menduduki jabatan penting, dirinya tetap aktif membantu sesama khususnya masyarakat yang ada di wilayah tugasnya.

Setelah pensiunpun, kebiasaan tersebut masih terus dilakukan termasuk kepada masyarakat di Aceh Utara tempat ia menetap saat ini. Namun begitu, Untung masih tetap membantu sesama di luar Aceh khususnya di daerah yang pernah menjadi tempat ia bertugas dahulu. Baginya, berbuat baik dapat dilakukan di manapun, tidak terbatas waktu dan tempat serta dalam bentuk apa saja.

Salah satu contoh saat Untung menahkodai Polres Aceh Utara dan Polres Merauke beberapa tahun lalu, ia dikenal masyarakat sebagai Kapolres yang gemar berbagi kasih dengan masyarakat dan rutin melakukan aksi-aksi sosial dengan turun langsung di masyarakat. Sikapnya itu mendapat respon positif dari berbagai kalangan, termasuk sikap peduli Untung agar masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan hidup dengan melatih mereka ketrampilan home industry. Hal itu dilakukan di sela-sela aktivitasnya sebagai polisi.

“Dicintai orang sekitar setelah apa yang kita lakukan memberikan rasa damai di hati. Mereka saudara-saudara yang merindukan saya kembali dan saya siap karena membantu itu kewajiban saya sebagai manusia. Saya sangat terharu dengan sambutan masyarakat, mereka begitu baik dan punya semangat tinggi untuk belajar dan berkembang. Kita memiliki ikatan yang sangat kuat, tidak hanya sekedar mitra kerja tetapi juga saudara,”terang Untung saat berbagi kisah dengan ARAFURA News via telepon, Sabtu (20/1).

Untung Sangaji atau Ahmad Untung Surianata ini sama sekali tidak berharap pujian apalagi jika dicap pencitraan karena semua hal baik tersebut sudah dilakukan sejak lama dan murni dilandasi keikhlasan membantu sesama karena filosofinya adalah “kita tidak akan miskin dengan berbuat baik”.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *