Tampil Di Film, AKBP Untung Sangaji Beri Edukasi

  • Bagikan
Salah satu adegan yang menampilkan AKBP Untung Sangaji (foto:ist)

MERAUKE,ARAFURA,-Seperti yang diketahui bahwa Rumah Semut Film telah melaunching film serial ‘Keluarga Epen Cupen’ di Food Land Café, Kamis (29/9) yang merupakan karya original anak negeri dari ujung timur Indonesia.  Selain mengambil lokasi syuting di sejumlah spot wisata Kota Merauke, film ini juga mengambil lokasi syuting di area Polres Merauke terkait salah satu adegan tokoh utama di dalamnya. Ada yang menarik dalam film garapan sutradara asal Merauke, Irham Acho Bachtiar ini dimana sosok  AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum ikut tampil dalam salah satu scene. Polisi yang viral karena menumpas teroris Sarinah itu tampil begitu elegan dan natural, memerankan dirinya sendiri yang saat itu masih menjabat sebagai Kapolres Merauke.

Untung Sangaji memang dikenal sebagai Kapolres yang humanis dan sangat menghargai karya anak muda Merauke sehingga selalu memberikan dukungan. Termasuk ketika dirinya diminta sang sutradara untuk dapat mengisi salah satu scene, polisi yang sukses menggelar event Kapolres Idol jelang kepindahannya ini langsung mengiyakan.  Di film tersebut ada adegan dimana Untung Sangaji memberikan arahan dan warning kepada pemain tentang bahaya menghirup lem ibon karena akan merusak generasi bangsa. Banyak hal positif yang dapat dilakukan daripada harus melarikan diri kepada hal-hal yang justru merusak diri sendiri, terlebih anak-anak muda yang diharapkan sebagai generasi penerus.

Untung Sangaji mengatakan bahwa banyak hasil alam di daerah ini yang dapat dimanfaatkan untuk nuansa peningkatan secara ekonomi dan kita jangan miskin di alam kita yang kaya.  “Saya berharap adik-adik saya di Merauke menjauhi kebiasaan menghirup lem ibon karena dampaknya sangat buruk, masa depan akan hilang dan beban yang akan kalian pikul justru akan semakin berat. Apalagi jika kebebasan harus terenggut karena kurungan di penjara,”tukas Untung Sangaji dalam adegan yang diambil langsung di ruang kerjanya.   Kepada ARAFURA News via telepon, Jumat (30/9), Untung Sangaji yang sekarang berdinas di Polda Papua ini mengemukakan rasa bangganya terhadap karya asli anak lokal dari tanah Anim Ha berupa sebuah film yang menurutnya tidak hanya menarik tetapi juga sarat edukasi.

Karya-karya berkualitas seperti ini memang sudah seharusnya didukung sehingga dapat berkembang lebih baik lagi. Saat ia menjabat Kapolres Merauke, sangat memperhatikan talenta anak muda di Merauke sehingga memfasilitasi untuk pembinaan UMKM, ketrampilan home industri hingga bakat menyanyi dalam sebuah kompetisi bergengsi.  Untung Sangaji mengungkapkan, bisa dilibatkan dalam sebuah karya yang apik menjadi kebanggaan tersendiri karena ia dapat tampil bersama anak muda Kota Rusa yang berpotensi dan berbakat. Ia berharap karya-karya seperti ini dapat dilanjutkan dan anak muda di Merauke tetap bersemangat melahirkan karya-karya baru.  “Saya senang dengan penggarapan film ini, sederhana namun sarat makna.

Apalagi dihasilkan oleh anak negeri tempat dimana saya pernah berkarya sebagai seorang polisi, tentunya dengan dunia saya. Saya salut dan menyambut baik, termasuk ketika digandeng dalam film ini. Setidaknya saya dapat menjadikan film ini sarana untuk mengedukasi anak muda,”tukas Untung Sangaji. Sementara itu Wakil Direktur Rumah Semut Film, Iwan Tri Laksana dalam sambutannya saat acara launching menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan sehingga film yang diproduksi dapat berjalan lancar dan bisa dilaunching secara resmi. Ia tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada mantan Kapolres Merauke, AKBP Untung Sangaji atas dukungannya memberikan ijin syuting di area Mapolres bahkan bersedia untuk diajak tampil dalam film.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *