Sharing Season Diharap Dorong Kurikulum Fiber Optic

  • Bagikan
Penandatanganan MoU antara pihak sekolah dan Palapa (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala Sekolah SMKN 3 Merauke, Marthen Rummar mengharapkan dengan dilaksanakannya sharing season PT.Palapa Timur Telematika tentang pengenalan fiber optic Palapa Ring Timur (pelatihan alat OTDR dan splicer) maka dapat mendorong penerapan kurikulum fiber optic di SMKN 3. Yang lebih penting lagi anak-anak Papua dapat dilibatkan pada program Palapa Timur khususnya bidang fiber optic karena banyak daerah yang sulit dijangkau di Papua.

Oleh sebab itu ketika anak-anak Papua dilibatkan maka dari sisi keamanan lebih terjamin dan tidak terlalu beresiko. “Saat ini SMK di tanah Papua sudah mengalami trend yang cukup baik dan semua SMK di Provinsi Papua harus bekerja sama dengan industri dan melahirkan kurikulum industri. Kemungkinan ke depan untuk program studi elektronika industri akan digabungkan, apabila  pihak Palapa Timur mengijinkan maka struktur kurikulum dari fiber optic segera dimasukkan ke dalam program studi elektronika industri,”terangnya pada pembukaan sharing season PT.Palapa Timur Telematika tentang pengenalan fiber optic Palapa Ring Timur (pelatihan alat OTDR dan splicer) di aula SMKN 3 Merauke, Kamis (27/10).

Ia mengemukakan bahwa SMKN 3 Merauke dalam waktu hampir satu tahun ini baru menghasilkan dua kurikulum yaitu kurikulum Toyota dan Yamaha. Beberapa waktu lalu juga sudah dilakukan penandatanganan MoU dengan PT.Axioo yang merupakan brand komputer Indonesia dan akan bergabung ke wilayah Papua di bidang IT. Sementara itu Direktur Operasional PT.Palapa Timur Telematika, Eddy Siahaan mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan bagian dari rencana besar pihaknya untuk pemanfaatan Ring Palapa Timur bagi masyarakat sekitar khususnya kepada anak didik agar dapat berkontribusi di Palapa Timur.

Apalagi ketika sudah menjadi provinsi tentu akan lebih banyak membutuhkan tenaga trampil. Oleh sebab itu ia meminta para siswa dapat tekun belajar agar dapat menggapai cita-cita. “Siswa harus terus memotivasi diri sendiri namun kalau belum berhasil maka bisa mencari guru yang dapat membantu memberikan motivasi,”tukas Eddy. Pada kesempatan yang sama Kepala Seksi Mutu BidangTenaga Pendidik dan Kependidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Usman menyampaikan terima kasih kepada pihak Palapa Timur karena telah memberikan kesempatan kepada SMKN 3 Merauke terkait satu hal penting. Ia mengharapkan pelatihan kali ini dapat memperkaya intelektual dan wawasan para siswa di SMKN 3 Merauke.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *