Sekda:Tanam Perdana, Langkah Tingkatkan Produktivitas

  • Bagikan
sejumlah perwakilan instansi saat melakukan penanaman di lahan jagung (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Sekda Merauke, Ruslan Ramli mengapresiasi penanaman perdana dalam rangka program pengembangan jagung hibrida, kerja sama Papua Muda Inspiratif (PMI) bersama Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura yang berlangsung di Kampung Marga Mulya Distrik Semangga Jumat lalu. Ia berharap dengan penanaman tersebut maka komoditi jagung di Kabupaten Merauke dapat lebih berkembang dan hasilnya melimpah. Ia menyampaikan, di setiap negara saat ini terjadi guncangan akibat dari perang Rusia dan Ukraina.

Bahkan khusus untuk komoditi jagung banyak negara yang menahan ekspornya. Oleh sebab itu penanaman perdana ini menjadi langkah dan upaya untuk meningkatkan produktivitas jagung dalam negeri khususnya di Kabupaten Merauke. “Kita baru saja merayakan 77 tahun Indonesia merdeka dengan tema pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Kita juga sering mendengar slogan bahwa Papua harus mandiri. Nah, satu kemandirian yang dapat kita ciptakan, ini salah satunya, melalui penanaman perdanai,”terangnya saat memimpin penanaman.

Sekda mengungkapkan, dunia saat ini bukan lagi berperang masalah senjata tetapi soal ketahanan pangan. Salah satu yang dilakukan oleh Negara Indonesia melalui Kementerian Pertanian adalah mengupayakan agar program ekstensifikasi dan intensifikasi pertanian berjalan optimal.  Penanaman jagung yang dilakukan kali ini  menggambarkan niat yang kuat seiring dengan Merauke yang dicanangkan secara nasional sebagai lumbung pangan, diharapkan dapat terwujud dalam hal ini melalui peran serta PMI.

Sementara itu Korwil PMI, Isayas Balagaize menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak termasuk Pemda Merauke sehingga penanaman jagung perdana dapat berjalan dengan lancar. Ia mengharapkan suport yang diberikan dapat berlanjut sehingga memberikan hasil yang optimal. “Kami berharap tetap bersinergi dengan pihak dinas dan petani yang ada di Kampung Marga Mulya, termasuk kelompok tani Papua yang juga kita dampingi,”terangnya. (iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *