Salut, Kapolres Ini Gelar Acara Khusus Untuk Wartawan Di Hari Pers Nasional

  • Bagikan

MERAUKE, ARAFURA, -Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun ini mendapat perhatian khusus dari AKBP I Ketut Suarnaya, SH, SIK, Kapolres yang baru sebulan menahkodai Polres Merauke. Pria berdarah Bali ini memang dikenal sebagai sosok komandan yang sangat menghargai dan menghormati sahabat persnya mengingat segala pemberitaan tentang kinerja dan program kepolisian tidak terlepas dari peran wartawan.

Oleh sebab itu momen HPN 2024 benar-benar dimanfaatkan oleh Suarnaya untuk mempererat silaturahmi dengan insan pers khususnya yang ada di Kabupaten Merauke. Salutnya lagi, mantan Kapolres Nabire ini menggelar acara khusus untuk para jurnalis dari berbagai media berupa syukuran di Rumah Kopi D Waroeng, Jumat (9/2). Tentunya apa yang dilakukan oleh beliau menjadi catatan tersendiri karena ada seorang Kapolres yang begitu tulus menginisiasi perayaan momen bersejarah para jurnalis di tanah Anim Ha tempat ia bertugas saat ini.

Suasana yang penuh dengan kebersamaan dan keakraban sangat terasa hari itu, beliau dan wartawan begitu lekat tanpa ada jarak sedikitpun. Jika selama berdinas Suarnaya terlihat tegas dan serius maka hal berbeda ditunjukkannya pada acara syukuran tersebut. Dirinya terlihat lebih santai dan humble, bahkan sesekali bergurau dengan wartawan. Ia juga membawa kue ulang tahun untuk jurnalis yang hadir dalam hal ini dari Komunitas Wartawan Daerah (KWD) Papua Selatan. Dengan akrab Suarnaya menyuapi kue ulang tahun kepada dua perwakilan wartawan dan mengajak wartawan bernyanyi bersama.

Acara tersebut juga menjadi ajang perkenalan dirinya dengan wartawan serta sharing terkait peliputan yang dilakukan di Polres Merauke. Ya, meskipun beliau baru menjabat sebagai Kapolres Merauke namun ia mampu merangkul wartawan dengan baik seperti yang pernah dilakukan saat menjabat Kapolres Nabire. Karakternya yang ramah dan tenang menjadi pelengkap dan penunjang yang pas saat melaksanakan tugas serta menjalin kemitraan dengan para pemburu berita.

“Melalui HPN tahun ini semoga para jurnalis semakin semangat dan sukses dalam melakukan aktivitas peliputan dan tetap bersinergi dengan kepolisian maupun stake holder lainnya. Rekan-rekan adalah mitra kami dalam menjalankan tugas menjaga kamtibmas di daerah ini, ” terang Suarnaya. Menurutnya para jurnalis berperan penting dalam menyampaikan informasi yang up to date, akurat serta hiburan dan edukasi. Selain itu yang tidak kalah penting sebagai lembaga kontrol mewakili masyarakat.

Ia mengucapkan terima kasih kepada para jurnalis atas sinergitas yang baik dengan pihak kepolisian selama ini. Ia juga mengingatkan akan pentingnya sikap saling menghargai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Sementara itu Eman Riberu selaku Ketua KWD Papua Selatan menyampaikan terima kasih kepada Kapolres dan jajaran atas perhatian serta kemitraan yang telah terjalin harmonis selama ini.

Eman menilai penting untuk selalu menjalin komunikasi yang baik antara wartawan dan kepolisian sehingga segala sesuatu dapat berjalan baik. “Di satu sisi kepolisian fokus melakukan tugas pengamanan dan di sisi lain wartawan melakukan tugas peliputan sehingga informasi sampai kepada publik dengan akurat,”tukas Eman. (iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *