Program Bakti Nelayan, Upaya Bantu Kesejahteraan

  • Bagikan
Warga bersama Sulaeman Hamzah usai penyerahan bantuan (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Anggota Komisi IV DPR RI, H.Sulaeman L.Hamzah kembali mengunjungi Kabupaten Merauke guna bertemu dengan masyarakat khususnya masyarakat nelayan untuk memberikan bantuan terkait dengan program Bakti Nelayan yang selama ini ia perjuangkan demi kesejahteraan masyarakat dengan menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Dalam sambutannya di Rumah Aspirasi, Sabtu (24/9), Sulaeman mengemukakan bahwa pemberian bantuan kali ini merupakan bagian dari aspirasi yang pihaknya jaring saat turun ke lapangan. Dari hasil aspirasi itu lahirlah banyak program bantuan, baik alsintan untuk petani dan juga bagi para nelayan.

Namun diakui belum semua nelayan yang disentuh karena seluruh kementerian dan lembaga mengalami pemotongan anggaran guna mengatasi Covid 19. Tetapi sekarang kondisi sudah mulai normal dan kegiatan pelayanan dapat kembali dilakukan dengan fokus kepada masyarakat.”Kementerian Kelautan mengurus wilayah yang sangat luas dari Sabang sampai Merauke. Di sisi lain, anggaran yang disiapkan untuk melayani masyarakat masih sangat minim, oleh sebab itu belum semua aspirasi nelayan kita realisasikan,”tukasnya.

Sementara itu Direktur Eksekutif Rumah Aspirasi H.Sulaeman L.Hamzah, Fauzun Nihayah mengungkapkan bahwa program Bakti Nelayan sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya para nelayan yang memang membutuhkan bantuan. Nelayan telah menyampaikan keluh kesah kepada Rumah Aspirasi dimana mereka sangat membutuhkan fasilitas pendukung seperti jaring, cool box dan lain sebagainya. “Selama ini proposal yang masuk di Rumah Aspirasi, rata-rata nelayan lokal membutuhkan bantuan tersebut. Sulaeman Hamzah memiliki semangat dan komitmen yang kuat untuk dapat mensejahterakan nelayan. Oleh sebab itu butuh kerja sama instansi terkait sehingga kita bisa membuat nelayan kita tersenyum dan bahagia,”ujar Fauzun.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Merauke, Leonard H.F.Rumbekwan mengemukakan bahwa pihaknya sudah melihat ada progress yang positif yang sudah ditunjukkan oleh Sulaeman Hamzah dimana ada perhatian khusus kepada rumpun perikanan. Dalam hal ini aspirasi pihaknya sudah ditindak lanjuti dan memberikan efek yang bermanfaat dalam rangka pendampingan, pembinaan dan pemberdayaan kepada pelaku usaha perikanan khususnya nelayan. Ia menjelaskan, rumpun perikanan hanya melaksanakan tiga aspek baik untuk  tangkap, budidaya hingga  pengelolaan melalui pendampingan, pembinaan dan pemberdayaan. “Dari tiga aspek tersebut ada tiga lagi yang kita arahkan, yaitu pemberdayaan nelayan, budidaya ikan dan pengolahan ikan.Salah satunya melalui program Bakti Nelayan,”ungkapnya.

Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Kabupaten Merauke, Susanto Marsita mengucapkan terima kasih kepada Sulaeman Hamzah yang selalu mengawal program dan kegiatan pihaknya khususnya Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap. Menurutnya, kehadiran Sulaeman Hamzah menunjukkan komitmen yang sangat kuat terhadap kemajuan sektor kelautan dan perikanan khususnya perikanan tangkap. Apresiasi juga ia sampaikan kepada para nelayan dan masyarakat pesisir karena berkat kerja keras nelayan maka masyarakat dapat menikmati hidangan ikan sebagai sumber protein yang menyehatkan dan mencerdaskan serta turut menggerakkan perekonomian daerah.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *