Pj.Gubernur Papua Selatan Resmikan 24 Jam Nyalah Listrik Di Bade Kabupaten Mappi

  • Bagikan

BADE,ARAFURA- Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan Prof.DR.Ir.Apolo Safanpo,ST,MT meresmikan 24 jam nyalah listrik di Kota Bade Distrik Edera Kabupaten Mappi. Didampingi Penjabat Bupati, GM PLN Wilayah Papua dan Papua Barat juga Manajer PLN UP3 PLN Merauke maka 24 jam listrik diresmikan bero[erasi full time di Kota Bade dan sekitarnya.
Menurut Pj Gubernur PPS dengan tingkat kebutuhan energi listrik maka sudah tentu energi listrik telah menjadi kebutuhan utama. Maka saat ini para ahli terus berupaya untuk mencari sumber-sumber energi yang baru untuk memenuhi kebutuhan manusia dimasa depan. Namun yang patut disyukuri bahwa pada hari ini ada penambahan satu unit mesin dengan kapasitas pembangkitnya 500 Kilo Watt (KW) dan sebelumnya telah ada sekitar 700 KW sehingga total 1200 KW suplay power atau tenaga yang disediakan. Sehingga warga masyarakat Edera di Kota Bade ini dapat menikmati non stop 24 jam lsitrik nyalah.
Diketahui beban puncak sekitar 350 KW artinya seluruh energi yang dibutuhkan masyarakat sedangkan yang disediakan suplay power ada 1200 KW. Maka jauh lebih besar dan tiga kali pilat dari batas kebutuhan. Sehingga dapat dipastikan tidak terjadi pemadaman listrik atau pemadaman bergilir sebab power yang tersedia sangat besar.
“Di Bade ini tenaga yang tersedia jauh lebih besar dari tanaga yang dibutuhkan Oleh karena itu diharapkan dapat terus menyalah non stop 24 jam , “ungkap PJ Gubernur disambut tepukan riu warga yang hadir di Lokasi Pembangkit Listrik Bade, Kamis (14/12).
Maka dikatakan, Warga Edera patut bersyukur dengan adanya penambahan mesin baru sehingga power listrik menjadi sangat besar. Untuk itu dengan Mesin Diesel ini gunakan minyak sebagai sumber energi mesin. Sedangkan di kampung-kampung gunakan PLTS (pembangkit listrik tenaga surya) yang komunal maka masyarakat cukup gunakan energi matahari bisa gunakan energi listrik.
“Atas nama Pemerintah Papua Selatan, kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak GM PLN dan jajaran yang telah membantu masyarakat kami di Distrik Edera Kelurahan Bade sehingga dapat menikmati 24 jam full listrik,”tukas Pj Gubernur. **(Felix)**

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *