Pelatihan Teknologi Smart Kampung Bidik Perbatasan

  • Bagikan
Para dosen dan peserta pelatihan (foto:ist)

MERAUKE,ARAFURA,- Dua dosen Unmus yang terdiri dari Dosen Teknik Informatika, Lilik Sumaryanti, S.Kom, M.Cs dan  Dosen Peternakan, Dirwan Muchlis, S.Pt,M.P belum lama ini menggelar sosialisasi dan pelatihan tentang implementasi teknologi smart kampung untuk meningkatkan pelayanan publik di wilayah perbatasan Sota. Kegiatan berlangsung pada tanggal 7 dan 8 Oktober 2022 lalu berlanjut lagi pada tanggal 14 dan 15 Oktober 2022.

Beberapa materi penting disampaikan kepada seluruh peserta pelatihan di antaranya mengenai pengertian Sistem Informasi Layanan Kampung (SILAYANG) yang merupakan penerapan teknologi berbasis smart kampung dan menjadi terobosan baru untuk mendukung kinerja pemerintah kampung dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. Sistem ini mengintegrasikan berbagai manajemen pelayanan publik di pemerintahan kampung sehingga menyajikan keterbukaan akses informasi terkait prosedur dan dokumen persyaratan penyelenggaraan pelayanan bagi semua kalangan masyarakat, integrasi data penduduk serta kemudahan akses karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

“Kami dosen Unmus yang merupakan tim pengabdian membidik masyarakat di perbatasan negara untuk menggelar pelatihan dan sosialisasi agar mereka menjadi paham dan menambah wawasan. Semoga edukasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi mereka,”terang Lilik. Lebih lanjut dikemukakan, implementasi teknologi smart kampung pada Kampung Sota Distrik Sota juga diharapkan mampu meningkatkan mutu pelayanan dan administrasi publik yang berlangsung di lingkup pemerintahan kampung.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *