Panen Berhasil, Petani Bawang Merah Dapat Perhatian

  • Bagikan
Suasana panen bersama di lahan milik warga (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Dua sosok wakil rakyat, Sulaeman L.Hamzah dari DPR RI dan Fauzun Nihayah dari DPRP Papua terlihat bersama warga memanen bawang merah di salah satu lahan milik warga di Kelurahan Rimba Jawa sekitar ujung Bandara Mopah, Kamis (20/10). Suasana penuh kegembiraan dan sukacita ketika para warga dapat bersama-sama kedua wakil rakyat tersebut melakukan panen karena keberhasilan panen juga tidak terlepas dari kepedulian mereka.  Di hadapan sejumlah wartawan, Sulaeman Hamzah dan Fauzun Nihayah nampak menunjukkan bawang merah yang sudah dipanen didampingi beberapa warga sambil tersenyum turut merasakan kebahagiaan petani atas panen yang berhasil.

Saat bertatap muka dengan petani, Fauzun mengemukakan bahwa menjadi kebahagiaan tersendiri ketika menyaksikan program yang diusung bermanfaat bagi masyarakat , termasuk program bantuan untuk meningkatkan produksi bawang merah dan membantu kesulitan petani. “Dengan melimpahnya komoditas bawang merah di Merauke maka kita tidak perlu mendatangkan lagi dari Makassar dan Surabaya. Oleh sebab itu harus dikembangkan sehingga hasilnya melimpah dan harga juga mampu bersaing,”tukas Fauzun.

Untuk mencapai harapan tersebut dibutuhkan pendampingan yang optimal khususnya dari PPL serta menitikberatkan pada program-program yang tepat sasaran. Dalam hal ini dapat melalui jalur reguler dari pihak pemerintah maupun aspirasi yang diusung oleh Sulaeman Hamzah. Ia juga menegaskan bahwa program yang diusung gratis, sehingga jika ditemukan ada pungutan maka ia meminta untuk segera dilaporkan. Sementara itu Sulaeman Hamzah mengungkapkan bahwa dirinya melihat banyak potensi yang dapat dikembangkan di kawasan selatan termasuk di bidang pertanian. Keinginan yang kuat untuk membantu masyarakat agar hidup sejahtera dan petani mampu mendapatkan hasil yang lebih baik terus diperjuangkan oleh dirinya.

Untuk itu ia mengharapkan agar sinergitas dengan dinas terkait dapat berjalan kontinyu sehingga mampu menjawab persoalan petani di empat kabupaten di selatan Papua ini. “Begitupun di tiga kabupaten lain, saya melakukan upaya yang sama dan berusaha melayani masyarakat dengan baik, tetap fokus dan selalu dekat dengan mereka. Poin pentingnya, harapan agar masyarakat bisa hidup lebih sejahtera akan terwujud,”terang Sulaeman.

Ia salut dengan komitmen petani yang mampu mengembangkan komoditi bawang merah dengan baik sehingga ia akan berupaya untuk lebih fokus lagi memperhatikan mereka. Kelompok yang dibina akan benar-benar diperhatikan ke depan dan dapat memperoleh bantuan yang dibutuhkan sehingga akan lebih maju dari segi teknis. Upaya yang dilakukan oleh kedua wakil rakyat tersebut mendapat apresiasi dari Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Merauke, A.Yoga Priyanto.

Yoga mengemukakan, Kelurahan Rimba Jaya merupakan salah satu wilayah yang didiami petani bawang merah dan masih aktif hingga saat ini. Meskipun lahan yang dimiliki tidak terlalu luas namun petani rutin melakukan penanaman setiap tahun sehingga membantu memenuhi stok bawang di Kabupaten Merauke. “Terima kasih atas perhatian Bapak Sulaeman kepada petani kita, semoga dapat menjawab kesulitan mereka. Beberapa wilayah di Kota Merauke memang menjadi sentra budidaya bawang merah, salah satunya di Kelurahan Rimba Jaya. Jadi saya minta petani bawang merah dapat didata secara baik oleh penyuluh,”tukas Yoga.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *