Operasi Bina Waspada Cartenz, Warga Diminta Lakukan Ini

  • Bagikan
Warga saat menyimak arahan (foto:ist)

MERAUKE,ARAFURA,- Kasat Binmas Polres Merauke AKP Makruf Soeroto bersama anggotanya menggelar Operasi Bina Waspada Cartenz 2022 dengan menyambangi warga di Kelurahan Kamundu Kuda Mati belum lama ini. Tujuannya agar tercipta sitkamtibmas yang kondusif di masyarakat. Dalam kesempatan itu pihaknya bertemu dengan tokoh agama setempat yakni Pdt. Papu Wanimbo dan sharing bersama-sama serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas karena keamanan adalah tanggung jawab bersama.

“Mari bersama sama Polri menciptakan sitkamtibmas agar roda pembangunan dan perekonomian dapat berjalan baik karena situasi harus aman dulu barulah pembangunan lancar di segala bidang kehidupan,”terang AKP Makruf.  Ia bersama anggota juga memberikan sarana kontak berupa sembako berupa beras dan mie instan kepada masyarakat. Di kesempatan lain, pihaknya juga mengunjungi warga di Kelurahan Kelapa Lima dengan agenda serupa.Bertemu Ketua RT. 22  RW.5, Andreas Piyong, AKP Makruf juga mengajak warga menjaga kamtibmas.

Hal senada juga dikemukakan Kaurbinops Satuan Binmas, Ipda Juniar Djoko Soelaksono yang menghimbau apabila ada pendatang baru yang tidak di kenal dapat melaporkan kepada ketua RT guna  didata identitasnya. Ia juga meminta anak-anak muda dapat menghindari minuman keras. Sementara itu saat berkunjung ke wilayah Erom tepatnya Kampung Bersehati Distrik Semangga, pihaknya mengaku salut karena kondisi di wilayah tersebut masih tetap kondusif. Tidak hanya bersilaturahmi, pihaknya juga mendiskusikan beberapa hal penting, di antaranya terkait peran warga dalam menjaga kamtibmas.

Ia menegaskan bahwa sitkamtibmas adalah tanggung jawab semua pihak dan warga diharapkan dapat menjadi polisi bagi diri sendiri. Dalam kesempatan itu warga juga menyampaikan kendala menyangkut kesejahteraan yang berkurang karena pemasaran hasil petanian dari Erom ke Kota Merauke sangat minim. Ditambah lagi kendala cuaca dan infrastruktur jalan yang tidak mendukung. “Ia benar, warga menyampaikan soal infrastruktur yang diharapkan dapat ditingkatkan sehingga mobilisasi para petani untuk memasarkan hasil pertanian tidak mengalami hambatan. Secara bertahap tentunya pemerintah akan memperbaiki jalan sehingga mobilisasi kembali berjalan lancar,”jelas AKP Makruf. Kegiatan sambang sudah menjadi program rutin Satuan Binmas Polres Merauke dengan turun langsung menyambangi warga hingga ke kampung-kampung. Pihaknya juga menemui beberapa petani ubi jalar di kampung tersebut dan menyapa mereka dengan ramah.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *