Motivasi Billy Untuk Mahasiswa Kei

  • Bagikan

MERAUKE,ARAFURA,-Sejumlah mahasiswa Kei yang tengah mengikuti Training Of Trainer (TOT) di gedung Felix Kwas Maturbongs, Sabtu (6/5) dikejutkan dengan kedatangan Staf Khusus Presiden Bidang Inovasi, Pendidikan dan Daerah Terluar, Billy Mambrasar yang tidak hanya datang untuk bersilaturahmi tetapi juga memberikan motivasi serta berbagi pengalaman kepada peserta. Tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri karena sosok anak Papua yang berprestasi itu dapat meluangkan waktu di sela-sela kunjungannya ke Kabupaten Merauke guna menyapa para mahasiswa asal Kei yang sore itu tengah mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pengurus Ikatan Mahasiswa Kei Merauke.

Adapun tema yang diusung yaitu “Membentuk karateristik individu yang penuh pemahaman dan menumbuhkan jiwa berorganisasi”. Saat penyampaian materi tentang public speaking, Billy turut berbagi wawasan dan pengalamannya yang disambut dengan penuh antusias oleh para mahasiswa. Banyak hal yang ditanyakan oleh mereka, di antaranya mengenai kiat-kiat Billy dalam mencapai kesuksesan, cara mengimplementasikan public speaking yang benar, perjuangan Billy dalam menempuh pendidikan dan lain sebagainya.

“Kakak Billy adalah sosok yang luar biasa, terima kasih karena sudah mampir ke sini, sungguh ini menjadi suatu kehormatan bagi kami. Untuk itu saya harapkan kakak bisa berbagi pengalaman agar menjadi motivasi bagi semua,”ujar Ivan Silubun salah satu mahasiswa. Sementara itu Glen Rahayaan meminta Billy untuk memberikan kiat-kiat dalam mengatasi rasa gugup ketika berbicara di depan umum. Mahasiswa yang satu ini nampaknya memiliki ketertarikan di bidang public speaking namun diakui masih sering dilanda rasa grogi.

Selain memberikan jawaban dan arahan terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut, Billy juga mengapresiasi mahasiswa yang aktif mengikuti berbagai kegiatan positif termasuk berorganisasi karena menurutnya sangat penting untuk melatih public speaking. Dirinyapun aktif berorganisasi dan mengikuti kegiatan kepemudaan saat menjadi mahasiswa dan telah merasakan manfaat yang diperoleh termasuk ketrampilan berbicara di hadapan publik yang berjalan secara alami. “Namun jangan asal bicara tetapi harus terstruktur. Jadi tulis poin-poin yang hendak disampaikan sehingga ada dasar dan terdengar lebih bagus, ini bisa membantu,”tukasnya.

Billy turut berbagi kisah tentang keberhasilannya memperoleh beasiswa dan sukses menyandang gelar bergengsi dari universitas di dalam maupun luar negeri. Tidak tanggung-tanggung, ia menyandang lima gelar dari basic ilmu yang berbeda bahkan saat ini tengah berupaya untuk menyelesaikan studi untuk gelar yang keenam. Ia memberikan dorongan kepada mahasiswa agar tidak pernah berputus asa dalam meraih impian karena dirinyapun pernah melalu masa-masa sulit dahulu. “Saya melalui semua tantangan dengan penuh perjuangan tanpa pernah mengeluh. Akhirnya saya bisa survive dan bertahan hingga mencapai impian seperti sekarang,”tukasnya. (iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *