Menanti Sejak 2021 Ratusan Alsintan Akhirnya Diberikan

  • Bagikan

Sulaeman saat menyerahkan bantuan (foto:iis)
MERAUKE,ARAFURA,-Kembali menyerahkan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada petani di Merauke yang merupakan bantuan Kementerian Pertanian hasil aspirasinya selaku anggota Komisi IV DPR RI maka Sulaeman L.Hamzah meminta petani agar dapat menggunakan alat dan merawat dengan baik karena peralatan tersebut menurutnya adalah hadiah bagi para petani. Pasalnya mereka sudah menunggu sejak tahun lalu dan selalu menanyakan kepastian tibanya alat di Merauke. Ia mengungkapkan, butuh proses yang cukup lama untuk merealisasikan ratusan alsintan tersebut bahkan terkesan alot karena terkait dengan kementerian lain, di antaranya Kementerian Keuangan.

“Mereka sudah direkrut tahun lalu dan kelompok juga sudah terbentuk. Namun ketika pengusulan memang banyak kendala sehingga di penghujung tahun 2022 ini baru bisa diserahkan. Semoga petani dapat memaklumi keterlambatan ini karena kondisi yang ada sama sekali tidak disengaja. Khusus hari ini sebanyak 146 unit alsintan yang kita serahkan dan masih ada beberapa unit lagi dalam perjalanan,”jelas Sulaeman kepada wartawan usai penyerahan alat di Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, Rabu (21/12).

Sulaeman menambahkan, tahun 2023 mendatang paket bantuan yang akan menyusul jumlahnya lebih besar, oleh sebab itu pihaknya akan gencar turun ke kampung-kampung untuk menggelar bimtek dan mengedukasi kelompok tani yang ada agar lebih solid, termasuk melaksanakan bimtek khusus untuk perbaikan alsintan yang rusak. Hal senada juga disampaikan Direktur Eksekutif Rumah Aspirasi Sulaeman Hamzah, Fauzun Nihayah bahwa keterlambatan penyerahan alat bukan unsur kesengajaan namun pihaknya justru ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada petani, termasuk teliti dalam melakukan pemetaan kebutuhan petani.

“Inilah sinergitas yang kita jalin selama beberapa bulan terakhir ini, kita terus berkoordinasi dengan Pemda Merauke melalui dinas terkait mengingat ada beberapa hal yang harus sama-sama kita perbaiki,”terang wanita yang juga anggota DPR Papua ini. Sebagai pihak yang mengemban tanggung jawab untuk melaporkan seluruh program Rumah Aspirasi maka di hadapan petani ia kembali mengingatkan agar tidak menyalahgunakan bantuan yang diberikan serta meminta kerja sama yang baik dengan kepala kampung untuk melakukan pengawasan.

Ia tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pertanian yang telah bersinergi selama ini dan berharap dapat terus ditingkatkan. Segala upaya yang dilakukan oleh wakil rakyat tersebut mendapat apresiasi Wakil Bupati Merauke, H.Riduwan dan memuji sinergitas yang terjalin antara Rumah Aspirasi dan Dinas Pertanian Kabupaten Merauke. “Saya menyampaikan apresiasi kepada tokoh kita Bapak Sulaeman Hamzah dan seluruh jajaran, semoga perjuangan beliau untuk kesejahteraan masyarakat selama ini dapat memberikan manfaat dan dampak yang signifikan,”terang Wabup.

Ia mengungkapkan, perjuangan dan kerja keras yang dilakukan oleh wakil rakyat di Senayan itu adalah satu hal yang luar biasa karena menurutnya, tidak semua wakil rakyat di DPR RI memiliki program yang menyentuh langsung masyarakat bahkan rutin serta konsisten turun langsung ke lapangan untuk menampung aspirasi. Oleh sebab itu ia meminta seluruh petani untuk menggunakan alat dengan maksimal dan jika rusak dapat segera diperbaiki di bengkel kampung. Untuk itu ia berharap di setiap kampung dapat memiliki bengkel kampung.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *