Menakjubkan, Di Tangan Untung Sangaji Limbah Banjir Disulap Jadi Batako Berkualitas

  • Bagikan

ACEH UTARA,ARAFURA,-Kreativitas tanpa batas, itulah yang pantas disematkan kepada Ir.H.Ahmad Untung Surianata, MH atau yang akrab disapa Untung Sangaji, Kapolres Aceh Utara masa jabatan 2016-2018 dan Kapolres Merauke masa jabatan 2020-2022 karena dirinya tidak pernah berhenti berkreativitas, bahkan setelah pensiun dari kepolisian dan menetap di Aceh Utara.

Salah satu kreativitasnya adalah memanfaatkan limbah banjir sebagai bahan baku pembuatan batako dan siapa sangka, hasilnya sangat menakjubkan. Jumat (18/8), Untung Sangaji memberi pelatihan kepada warga Seunuddon berupa pembuatan batako dari limbah banjir di Aceh Utara untuk batako tembok khususnya lantai dua. Dalam proses pembuatan, cetakan manual batako limbah lantai dasar memang agak tebal dan cetakan manual batako limbah lantai dua agak tipis.

Batako tersebut dibuat pada waktu siang sekitar pukul 16.30 WIT dan esoknya ditiriskan lalu disikat dengan sikat halus untuk menemukan karakter warna dasar kemudian direndam di air selama 3 X 24 jam.

Bahan bakunya diambil dari limbah Sungai Seunuddon berupa kerikil dengan ukuran tertentu, pasir hilir sungai dan semen. Aceh Utara setiap tahun mengalami banjir bandang dan menyisakan limbah berupa kerikil dengan berbagai ukuran yang dapat digunakan untuk bahan dasar batako. Baik untuk tembok lantai dasar maupun tembok lantai dua yang dikerjakan dengan sistem manual,”jelas Untung kepada ARAFURA News via telepon.

Adapun kelebihannya adalah tidak diplester dan ia mengakui karakter batuannya bagus sekali. Produksi dalam jumlah banyak akan pihaknya lakukan untuk membantu perumahan kaum dhuafa di Aceh Utara dan Lhoksumawe yang sudah masuk tahap pendataan. Saat ini dirinya masih fokus memberikan pelatihan dan pemantapan lanjutan agar warga setempat yang mengikuti pelatihan lebih percaya diri serta mandiri. Melalui pelatihan pemantapan tersebut Untung yakin masyarakat pada akhirnya bisa melakukan reproduksi secara kontinyu. Ia juga meyakini bahwa setiap pribadi yang tertarik dengan pelatihan dan hasil yang didapatkan pasti memiliki kepuasan serta bisa mengikuti perkembangannya.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *