Lewat Pameran, Untung Sangaji Ingin Tunjukkan Karya Warga Papua

  • Bagikan
Untung Sangaji menunjukkan pot hasil pelatihan (foto:ist)

MERAUKE,ARAFURA,-Menjadi impian dari seorang Untung Sangaji, Kepala Bagian Pengadaan Biro Logistik (Kabagada Rolog) Polda Papua ini berharap bisa menggelar sebuah pameran yang khusus memajang hasil karya anak-anak muda Papua dan masyarakat lokal, dalam hal ini produk home industri. Seperti yang diketahui,  saat ini ia tengah fokus melatih masyarakat dan pemuda di Jayapura pasca dimutasi ke Polda Papua beberapa waktu lalu.

Nantinya karya yang dihasilkan berupa pot kembang, pot bonsai dan beberapa produk menarik lainnya tersebut akan dipamerkan dalam sebuah pameran bergengsi. Selama ini Untung Sangaji melatih masyarakat di sekitar kediamannya, salah satu hotel di Jayapura. Namun sesekali ia juga keluar untuk melatih di tempat lain. “Kita akan menggelar pameran yang khusus menunjukkan hasil karya orang Papua. Mereka sangat tekun berlatih sejak pagi hingga malam. Ada orang Biak, Jayapura, Keerom, Kei, Seram, NTT dan Ambon.

Mereka bekerja keras dan sudah pandai membuat pot sekarang. Bibit bonsai juga sudah tumbuh dengan subur,”terang Untung Sangaji kepada ARAFURA News via telepon, Senin (24/10). Untung Sangaji juga membuka diri dengan pihak manapun yang memang memiliki inovasi yang bisa dikolaborasikan dengan gagasannya. Saat ini ia tengah fokus menggencarkan ketrampilan pembuatan pot bonsai dan pot bunga berkarakter tembaga. Prosesnya cukup mudah dan warga Jayapura sangat senang melakukannya.

“Saya baru selesai buat saja sudah banyak yang minta sehingga saya berikan. Ya, saya senang saja bisa memberikan sesuatu yang berguna untuk orang lain,”tukas mantan Kapolres Merauke ini.  Ia mengaku sudah membuat cukup banyak namun kalau ada yang tertarik dan meminta ia tidak pernah menolak. “Sekarang masyarakat yang saya latih lagi tertarik bikin pot yang halus dan juga tekstur yang kasar. Nampaknya mereka siap lebih maju ke depan dengan hasil karya tersebut,”pungkas Untung Sangaji.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *