Lewat Kerjasama Kapasitas Guru Diharap Meningkat

  • Bagikan

MERAUKE,ARAFURA,-Perjanjian kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Selatan dengan BBPPMPV BMTI Bandung resmi ditandangani oleh kedua belah pihak yang berlangsung secara daring di ruang rapat SMKN 3 Merauke, Kamis (10/8). Hadir dalam kesempatan tersebut, Aloysius Jopeng selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Selatan, Kepala Sekolah SMKN 3 Merauke, Marthen Rummar dan beberapa tamu undangan penting lainnya.

Aloysius menyampaikan terima kasih kepada jajaran BMTI karena sudah menanggapi tawaran kerjasama dalam rangka meningkatkan kapasitas guru. Kerjasama ini sangat penting dilakukan karena seperti yang diketahui, sumber daya yang dimiliki sangat terbatas terutama terkait dengan peningkatan kapasitas tenaga pendidik maupun pendidikan. “Satu hal yang patut menjadi perhatian penting, yaitu bagaimana kita mewujudkan para kepala sekolah sebagai top manager pada SMK dan SMA sehingga mereka mampu menata sekolah dengan baik dan proses belajar mengajarpun dapat meningkat kualitasnya,”tukas Aloysius.

Pihaknya mengharapkan pembinaan yang dilakukan dapat memberikan dampak positif kepada kepala sekolah dalam menata sekolah dan proses belajar mengajar yang lebih baik serta menghasilkan lulusan yang berkualitas. Sementara itu Kepala BBPPMPV BMTI, Supriyono menyampaikan bahwa kerjasama yang dilakukan merupakan awal yang baik setelah hadirnya provinsi baru yakni Papua Selatan. Namun sebenarnya kolaborasi sudah dilakukan sejak Merauke masih menjadi bagian dari Provinsi Papua.

Banyak hal yang dapat dilakukan dengan adanya kerjasama ini khususnya untuk membantu saudara-saudara yang ada di Papua. Bahkan ia berharap suatu saat dapat berkunjung ke Papua Selatan pasca kerjasama dilakukan. Dalam kesempatan itu ia turut menyampaikan tentang salah satu program yang dilakukan pihaknya dalam membantu akses internet pada daerah 3T sehingga masyarakatnya masih bisa belajar dan guru juga terbantukan saat menyampaikan materi pelajaran.

“Saya merasa bangga dapat menjalin kerjasama dengan Papua Selatan, ini sangat luar biasa. Kami sudah bekerjasama juga dengan Provinsi Kalimatan Timur, Kalimatan Utara dan Banten. Di Jawa Barat juga sudah banyak hal yang kita lakukan,”pungkasnya.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *