Kreasi Untung Sangaji, Padukan Bahan Rempah Dengan Kopi Lokal

  • Bagikan

JAYAPURA,ARAFURA,-Mempunyai brand kopi sendiri dan sudah dikenal luas membuat Untung Sangaji, polisi yang pernah sukses menahkodai Polres Merauke dan Polres Aceh Utara ini semakin termotivasi untuk terus berkreasi. Olahan kopinya tidak perlu diragukan lagi karena tidak hanya unggul dalam rasa dan kualitas tetapi juga unggul dalam tata cara pengemasan dan proses racikan yang memang sudah sangat dikuasai olehnya. Tidak heran, racikan kopi dari tangan Untung Sangaji selalu disukai dan pas dengan selera para pecinta kopi.

Belum lama ini ia kembali mengkreasikan rasa untuk produk kopi Wamena yang dicampur rempah-rempah seperti jahe, pala, cengkeh, bunga lawang dan kapulaga. Menikmati kopi dari Wamena dengan rasa rempah yang khas tentu tidak hanya nikmat tetapi juga menyehatkan. Untung Sangaji mengemas kopi racikannya itu dalam wadah botol dan diletakkan di dalam kulkas. Dengan demikian dapat dinikmati dalam keadaan dingin sehingga lebih segar.

Namun kopi tersebut juga dapat dinikmati panas-panas di setiap waktu dan tidak kalah nikmat. “Saya memang memberi perhatian khusus kepada kopi lokal yang dihasilkan sejumlah daerah di Indonesia. Pasalnya setiap daerah memiliki produk kopi yang khas dan dapat dikreasikan dalam berbagai rasa maupun olahan. Negara kita juga kaya akan rempah-rempah dan saya mencoba untuk mengkombinasikannya dengan kopi racikan sendiri. Ternyata rasanya sangat nikmat bahkan memiliki khasiat untuk meningkatkan kesehatan tubuh,”terang Untung Sangaji kepada ARAFURA News via telepon, Selasa (21/2).

Adapun manfaat dari pala antara lain dapat mengontrol gula darah, mengurangi peradangan, melindungi sel-sela tubuh, jahe dapat mengurangi alergi, meredakan nyeri sendi, nyeri haid, mencegah resiko penyakit jantung, kapulaga dapat mencegah penyakit kronis, mencegah bau mulut dan gigi berlubang, mengatasi masalah pencernaan, bunga lawang dapat mengatasi batuk, flu sedangkan cengkeh bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, membunuh bakteri serta meningkatkan kesehatan tulang.

Sukses dengan olahan kopi rempah, polisi berpangkat AKBP dan bergelar insinyur ini mencoba untuk mengkreasikan rasa lainnya dengan meracik teh bersama rempah-rempah. Teh Rempah-Rempah ala Untung Sangaji Terbaik (TRUST) menjadi kreasi darinya yang tidak kalah dengan olahan kopi. “Ini adalah salah satu kebiasaan unik dan menarik yang saya lakukan saat sarapan pagi. Rempah-rempah tersebut terdiri dari biji pala, bunga lawang, cengkeh, bunga pala, kapulaga dan jahe. Cocok dibuat campuran teh,”jelasnya. Ia juga menjelaskan cara meracik yang cukup mudah, yaitu satu biji pala dibelah ditambah cengkeh tiga buah, 5 kapulaga dan 3 bunga lawang.

Satu helai bunga lawang diletakkan di ceret dan air yang mendidih lalu disiramkan pada rempah-rempah tersebut. Setelah itu masukkan saringan ceret dan tekan ke bawah dimana air dalam posisi hampir penuh. “Untuk ukuran 2 cangkir US adalah 200 ml. Diamkan selama 3 menit dan siap diminum untuk teman kudapan, baik pancake atau pisang goreng di pagi hari pasti nikmat dan sehat,”pungkasnya.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *