Kopi Muting Ramaikan Event Bergengsi Di Bali

  • Bagikan
Jasman Tristanto saat melayani pengunjung (foto:ist)

MERAUKE,ARAFURA,- Sejumlah pengunjung Noesantara Festival  mengakui kenikmatan varian kopi Indonesia yang disajikan di ParQ Ubud Gianyar Bali yang berlangsung sejak tanggal 13 hingga 18 November 2022. Rumah Kopi D’Waroeng (RKD) hadir dalam event tersebut  untuk memperkenalkan Robusta Muting dari Timur Indonesia. Jasman Tristanto selaku Owner RKD dalam rilis tertulis menjelaskan, para pengunjung dan delegasi dapat mencicipi secara cuma-cuma kopi yang disajikan dan sembari mencicipi, para delegasi juga diberikan informasi tentang proses produksi kopi tersebut serta memperkenalkan Kabupaten Merauke Papua Selatan.

“Robusta yang disuguhkan berasal dari Muting Papua Selatan Provinsi termuda yang baru saja diresmikan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo,”tukasnya. Jasman mengungkapkan, langkah tepat dilakukan Pemda Merauke melalui Kabag Perekda Setda Kabupaten Merauke, Fransiskus Ciwe yang membawa Robusta Kopi Muting mengikuti Noesantara Festival yang bekerja sama dengan delegasi Rusia yang hadir mengikuti G20.

“Event kali ini juga untuk mempersiapkan pemasaran hasil produksi kopi Robusta Muting yang diperkirakan bakal melimpah untuk 3 tahun ke depan. Sebab petani telah menanam hingga 30 hektar di Distrik Muting, “ujar Jasman yang juga Pembina Petani Kopi Muting dan bertugas di Sat Binmas Polres Merauke.  Event tersebut dibuka langsung oleh Ketua Gabungan Pengusaha Indonesia Rusia, Purwo Handoko, Minggu (13/11) dengan mengusung tema Noesantara dari Sabang sampai Merauke.

Turut hadir delegasi Rusia dan gabungan pengusaha Rusia.  Fransiskus mengungkapkan, event akan berlanjut pada Noesantara Festival Road To Moscow April 2023 mendatang dan besar harapan Robusta Muting dapat mengikutinya.  “Ini pertama kalinya saya mencoba dan memilih kopi dari Papua Selatan. Ternyata enak dan bisa saya rekomendasikan,” kata salah satu delegasi Rusia  Martha Fernandez. (iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *