Kompetensi Wartawan Digelar Di Papua Selatan

  • Bagikan
Foto : Peserta Uji Kompetensi Wartawan di Swissbel Hotel Merauke, Selasa (30/1)

MERAUKE,-ARAFURA news.COM- Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Di Provinsi Papua Selatan dilaksanakan pertama kali, Senin (29/1). Kegiatan yang berlangsung di di Swiss-Bell Hotel , Merauke itu, dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Penjabat (Pj) Gubernur Papua Selatan, Willem da Costa mewakili Pj Gubernur, Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT.

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) diikuti 16 Wartawan muda dari berbagai media dan terlaksana atas kerja sama PWI Pusat dengan Forum Humas BUMN. Dua BUMN yang mendukung acara ini adalah PT Freeport dan Bukit Asam. UKW bagi wartawan Papua Selatan ini berlangsung selama 15 jam. Dibagi dalam tiga kelompok, UKW kelompok pertama diikuti lima orang. Kelompok kedua juga diikuti lima orang dan kelompok ketiga enam orang.

Staf Ahli Gubernur Papua Selatan dalam sambutannya mengatakan, Pemprov Papua Selatan sangat berterima kasih kepada PWI Pusat atas diadakannya UKW di Merauke.. UKW menurut Willem da Costa sangat penting, karena melalui UKW bisa meningkatkan kualitas dan profesionalisme wartawan.

“Saya berterima kasih kepada PWI Pusat, PT Freeport, dan Bukit Asam yang mendukung acara UKW. Saya berharap UKW ini bisa meningkatkan mutu jurnalistik, khususnya di Papua Selatan,” kata da Costa dalam sambutannya mewakili PJ Gubernur Papua Selatan.
Ia berharap agar wartawan di Merauke bisa terus bermitra dengan pemerintah dan shecholder lainnya. Pembangunan yang dijalankan peran media sangat diperlukan. Hatapannya adalah dengan UKW para Jurnalis Merauke bisa lulus semuanya sehingga bisa kembali bertugas denga lebih baik karena sudah mendapatkan pembekalan dari penguji.
Sementara itu Ketua Umum PWI Pusat Hendry CH Bangun, melalui Sekjend PWI Pusat Sayid Iskandarsyah, mengatakan sekitar Bulan April 2024, kepengurusan PWI Papua Selatan sudah terbentuk secara definitif.

“Ketua Unum PWI Pusat berjanji akan datang ke Merauke Bulan April untuk melantik para pengurus yang terpilih , ”kata Sekjend PWI Pusat dihadapan tamu undangan.
Kegiatan UKW ini dihadiri Wakil Ketua Umum PWI Pusat Raja Parlindungan Pane, Ketua PWI Papua Hans Bisay, Pelaksana Tugas Ketua PWI Papua Selatan Agustinus Kowo, dan ketiga penguji UKW M. Noeh Hatumena(PWI Pusat), Andi Faisal Syam (PWI Sulsel), dan Abdul Munib (PWI Papua). **

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *