Komitmen Pertamina, Dukung Pelaku Usaha Kecil Hingga Di Ujung Timur

  • Bagikan

MERAUKE,ARAFURA,-PT.Pertamina menunjukkan kepedulian kepada masyarakat di wilayah kerja yang mencakup berbagai sektor dengan mengusung beberapa program, di antaranya program peduli lingkungan dan Corporate Social Responsibility (CSR). Termasuk Pertamina yang ada di ujung timur Indonesia, Kabupaten Merauke dan cakupan yang lebih luas di Provinsi Papua Selatan. Melalui kedua program ini pihak Pertamina sangat konsen dan komit untuk memperhatikan masyarakat sekitar, tentunya dengan konsep yang diusung Pertamina dan sasaran yang benar-benar tepat.

Banyak program sarat nilai positif yang telah diimplementasikan Pertamina dan mampu direspon dengan baik oleh banyak pihak khususnya masyarakat sasaran. Arman Prastiono selaku Fuel Terminal Manager Merauke PT.Pertamina Patra Niaga mengemukakan bahwa UMKM menjadi salah satu sektor yang dibidik dalam program CSR dengan maksud untuk meningkatkan produktivitas pelaku usaha kecil di sekitar wilayah kerja Pertamina. Namun ia juga menegaskan bahwa dukungan yang diberikan harus diimbangi dengan kontinuitas UMKM yang bersangkutan dalam memanfaatkan bantuan yang diberikan sehingga berdampak pada kemajuan usaha yang tengah dijalankan.

Pasca pemberian dukungan, pihaknya akan rutin memantau sehingga dapat diketahui progress yang dicapai pelaku usaha tersebut yang diharapkan mampu meningkat dengan baik. “Pada dasarnya kita sangat peduli dengan pelaku usaha kecil di daerah namun diharapkan ada progress yang positif pasca bantuan disalurkan. Jadi perlu melaporkan secara teratur, misalnya saja terkait dengan peningkatan produktivitas. Contohnya ketika diberi bantuan peralatan yang lebih modern maka harus dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga produksi lebih meningkat dibandingkan saat masih menggunakan alat manual,”terang Arman kepada ARAFURA News di ruang kerjanya, Senin (2/10).

Dengan mendapatkan laporan rutin maka pihaknya dapat mengetahui kendala apa saja yang dihadapi penerima bantuan jika usahanya tidak berkembang dengan baik sehingga ada langkah evaluasi. Tentunya pihaknya tidak serta merta menyalahkan pelaku usaha tersebut atau terburu-buru menyimpulkan namun melalui proses dan survey langsung di lapangan. Lebih lanjut ia menjelaskan, Pertamina berupaya membantu peningkatan ekonomi kemasyarakatan dengan optimal dan tepat sasaran sehingga harus ditunjang dengan peningkatan kinerja dari pihak yang bersangkutan secara teratur, terstruktur dan terukur.

Sedangkan untuk bina lingkungan pihak Pertamina rutin memberikan bantuan kepada pihak-pihak yang membutuhkan namun sifatnya momentum, di antaranya saat hari-hari besar keagamaan atau sejumlah momen penting lainnya dengan tujuan untuk berbagi kasih. Belum lama ini Pertamina Merauke bahkan berhasil meraih penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup terkait dengan ketaatan dalam pengelolaan lingkungan.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *