Kominfo Data Media dan Jurnalis Kompeten

  • Bagikan
Suasana pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan di Merauke oleh PWI Pusat di Swsissbel Hotel Merauke, Selasa (30/1)

Laporan : Herald Felix Hursepuny,S.Sos

Pasificpos.Com- Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Pesatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat di Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan berdampak baik. Pasalnya pihak Kominfo melakukan pendataan media dan jurnalis yang ada di Kota Merauke atas kelayakan atau kompeten dalam melakukan tugas peliputan. Kominfo Kabupaten Merauke hingga kini belum memiliki data berapa jumlah media dan wartawan yang bertugas di Kota Merauke. Demikian dikatakan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Merauke Agustinus Hendra Way saat diwawancarai media ini di SwissbelHotel Merauke, Senin (29/1).

“Menurut Saya sangat baik uji kompetensi wartawan yang baru pertama kali dilakukan di Merauke ini. Dan ini menjadi masukan bagi kami untuk kedepan melakukan pendataan jumlah media dan wartawan yang ada bertugas di Merauke. Sehingga pemerintah daerah dapat mengetahui media-media dan wartawannya,”ungkap Hendra sapaan akrabnya.

Hendra yang pernah menjabat Kadistrik Kimaam mengatakan pendataan bukan berarti ada intervensi atau kontrol berlebihan dari pemerintah kepada rekan jurnlalis. Namun dengan adanya UKW ini memberikan masukan dan informasi atas wartawan yang kompeten melakukan tugasnya. Kedepan melalui produk jurnalistik yang dihasilkan memberikan mamfaat yang besar bagi proses pembangunan.

Pemerintah daerah terus melakukan sosialisasi atas informasi-informasi yang beredar dimasyarakat terlebih dalam mencegah penyebaran informasi hoax atau meresahkan.
“UKW ini sangat baik sekali sebab wartawan yang kompeten akan memberikan karya jurnalistik yang tentu layak dikonsumsi masyarakat,”paparnya sebelum meninggalkan ruangan. **

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *