Ketika Arta Beach Makin Cantik Di Tangan Untung Sangaji

  • Bagikan
Untung Sangaji saat meninjau Arta Beach (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Kembali meninjau kawasan wisata bahari Arta Beach gagasannya, Sabtu (15/10), mantan Kapolres Merauke dan Aceh Utara, AKBP Ir.Untung Sangaji, MH terlihat bahagia karena secara perlahan terobosannya itu mulai menunjukkan perkembangan yang cukup baik. Sejak awal ia sudah berkomitmen untuk tidak sekedar menawarkan tempat wisata yang unik dan menarik tetapi juga turut memberdayakan warga lokal di sekitar lokasi wisata.

Bahkan lintas etnis pernah bergotong royong di bawah pimpinannya turun langsung membersihkan pantai yang sebelumnya dipenuhi sampah plastik. “Sekarang sudah bersih karena masyarakat sekitar ikut membantu dan melakukan dengan senang hati. Mereka juga merawat lingkungan di sekitar pantai dengan baik,”ujarnya kepada wartawan usai meninjau. Beberapa jenis tanaman yang menurutnya masih bagus juga ia minta tidak ditebang, bahkan ada rencana untuk menanam anggur di tepi pantai.

Ia sudah mengawali dengan menanam pisang di pinggir pondok dayung dan ternyata pisang bisa hidup di pasir dan menghasilkan buah dengan ukuran yang cukup besar. Tempat penampungan untuk sterilisasi air juga sudah dibuat sehingga air laut dapat menjadi jernih. Kolam untuk pengunjung berenang dibuat cukup unik dengan desain khusus, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Tidak hanya itu, berbagai aksesoris dan atribut yang bersifat kearifan lokal juga akan menghiasi area Arta Beach, sehingga benar-benar sarat dengan budaya sebagai wujud kepedulian dan komitmen dirinya dalam melibatkan masyarakat.

“Jadi warga dapat berjualan dan mengekspresikan diri maupun talenta di tempat ini. Mereka bisa mengenakan pakaian adat dan saya mempersilahkan mereka dengan baik sehingga mereka nyaman karena adat harus dihargai,”tukasnya. Sebagai polisi yang juga menyandang gelar insinyur, Untung Sangaji terbilang piawai dalam mendesain sesuatu. Apalagi dirinya juga seorang teknisi dan pernah menjabat direktur utama salah satu perusahaan dari Belgia.

Oleh sebab itu dengan semua kreativitas yang ia miliki mulai dari sektor perikanan, peternakan dan lain sebagainya, Untung Sangaji terus berkarya bahkan sampai sekarang kemampuannya tidak hilang. Banyak sudah karya terbaik yang ia hasilkan hingga mengantarkan dirinya meraih penghargaan dari Eropa terkait dengan apa yang sudah ia lakukan di seluruh Indonesia. “Semua saya lakukan demi masyarakat, jangan miskin di tanah kita yang kaya,”pungkasnya.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *