Ketika Anak Muda Bicara Tentang Sosok Apolo Safanpo

  • Bagikan

MERAUKE,ARAFURA,-Prof, Dr.Ir.Apolo Safanpo, ST.MT, putra Asmat yang saat ini menjadi orang nomor satu di Provinsi Papua Selatan (PPS) telah menahkodai provinsi baru ini selama 1 tahun dan tentunya banyak harapan kepada beliau agar membawa PPS menjadi lebih maju dan sukses ke depan. Selain itu figur seorang Apolo Safanpo selama menjadi pemimpin PPS telah terpatri dalam diri masyarakat dari berbagai kalangan, baik sikap, kinerja, kemampuan, sifat serta hal-hal lain yang sarat dengan nilai-nilai positif guna memajukan daerah serta masyarakatnya.

Berikut tanggapan sejumlah anak muda dari berbagai kalangan terkait dengan figur pria yang pernah sukses menahkodai Universitas Cenderawasih ini kepada ARAFURA News, Sabtu (2/12).  Bagi Alif Friendy Kurniawan, anak muda yang juga Kepala Sekolah SDIT Permata Bunda ini, sosok Pj.Gubernur adalah anak bangsa yang jabatannya sah dan diakui undang-undang. Beliau juga dikenal sangat dekat dengan masyarakat serta punya loyalitas dan dedikasi yang tinggi terhadap semua kalangan. Apolo mampu merangkul dan merekatkan semua elemen yang ada di selatan karena hal itu harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Sedangkan bagi Yune Angel Anggelia Rumateray sebagai Tokoh Penggerak dan Pendiri Sekolah Alam Paradise, menilai bahwa Apolo Safanpo adalah sosok gubernur yang sangat low profile dan bijaksana. Beliau adalah orang akademisi sehingga sangat memahami bagaimana beretika yang baik, santun dan selalu membuka diri.

“Ketika bertemu jelas terlihat beliau orang yang sangat ramah dan tidak menutup diri. Pokoknya sosok beliau sangat welcome dan saya lihat orangnya kalem, bikin adem suasanalah,”ujar Yune. Ia mengharapkan orang nomor satu di PPS itu tetap komit memperjuangkan tanah ini, apalagi untuk lingkungan dan masyarakat adat. Sedangkan bagi Marsujitullah Aldy Marwan yang juga seorang dosen, selama Apolo Safanpo memimpin tentunya masih banyak yang perlu dibenahi.

Hal ini wajar mengingat statusnya yang masih penjabat dan belum ada pejabat definitif. Selain itu membangun sebuah pemerintahan apalagi setingkat provinsi yang dimulai dari nol juga bukan perkara mudah. “Namun dari segi penataan yang beliau lakukan secara bertahap dalam hal ini struktur pemerintahan serta fasilitas pemerintahan, masih dalam kategori baik. Oleh sebab beliau masih diberi kepercayaan memimpin dan tentunya telah melalui penilaian di tingkat pimpinan bahwa Apolo Safanpo adalah sosok yang baik dalam memimpin.

Aldy berharap agar sebagai pemimpin, yang bersangkutan dapat konsisten untuk membangun SDM PPS dan tidak hanya fokus pada pembangunan fisik semata. Seperti peningkatan beasiswa berjenjang sejak di bangku sekolah hingga jenjang doctoral serta memanfaatkan potensi anak selatan. “Masih banyak anak selatan yang bertalenta sehingga harus diperhatikan tanpa selalu mendatangkan tenaga dari luar, kecuali jika memang sudah tidak ada pilihan lain,”terang dosen muda dari Universitas Musamus ini.

Beralih ke salah satu public speaker dari tanah selatan yang juga dikenal sebagai penyiar radio dan MC handal asal Merauke, Franky Wohel. Kerap membawakan acara yang diselenggarakan Pemprov Papua Selatan, ia mengakui memiliki kesan tersendiri terhadap sosok orang nomor satu di PPS itu. “Beliau itu orang yang sangat disiplin ketika menghadiri sebuah acara dan sangat humble, dekat dengan masyarakat serta pembawaannya sangat tenang. Mungkin karena beliau adalah orang akademisi sehingga sangat memahami situasi dan lingkungan yang ada di sekitar. Begitu pula dalam menerima masukan, saran hingga kritikan, beliau bersikap sangat terbuka dan menanggapi dengan sikap yang tenang,”ungkap pria yang juga news anchor televisi nasional ini. Sebagai anak Asmat, menurutnya Apolo Safanpo adalah sosok yang cerdas sehingga kerap menyelipkan banyak pencerahan ketika memberikan sambutan di berbagai moment penting.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *