Kesiapan Pramuka Merauke Sambut Pembentukan Kwartir Daerah

  • Bagikan

MERAUKE,ARAFURA,-Terbentuknya Provinsi Papua Selatan juga menjadi angin segar bagi Pramuka yang ada di empat kabupaten wilayah Papua Selatan yakni Kabupaten Merauke, Asmat, Mappi dan Boven Digoel. Pasalnya dengan adanya provinsi baru ini, maka dipastikan akan terbentuknya juga Kwartir Daerah yang berpusat pada pemerintahan setingkat provinsi.
Menyambut hal tersebut, Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Universitas Musamus menggelar kegiatan seminar ilmiah yang membahas berbagai langkah dalam kesiapan Pramuka Merauke menyambut terbentuknya Kwartir Daerah Papua Selatan. Seminar bertajuk ‘NGOBROL EDUKASI CERDAS- NGECAS’itu dilaksanakan sehari bertempat di aula Perpustakaan Daerah Kabupaten Merauke belum lama ini.

Ketua Panitia Seminar Pramuka, Titis Irjani mengatakan, kegiatan bertema Peran Pramuka Pasca Pandemi dan Persiapan Pramuka Menuju Kwarda Papua Selatan itu merupakan program kerja UKM Pramuka Universitas Musamus yang fokus pada pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pegabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan tersebut menghadirkan pembicara yang berkompeten di bidangnya, baik unsur Pramuka Cabang, perwakilan Pramuka Provinsi Induk serta unsur Pemerintah Daerah Merauke yang menaungi Pramuka.

Sementara itu Pendamping Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Universitas Musamus, Marsujitullah Aldy Marwan S.Kom,M.T mengatakan, kegiatan ini merupakan dialog interaktif dan diskusi Pramuka Penegak Pandega yang pesertanya berasal dari berbagai Satuan Ambalan, Racana, Satuan Karya serta Dewan Kerja, dengan tujuan membuka pengetahuan dan wawasan gerakan Pramuka Merauke dalam mempersiapkan diri menyongsong Kwarda Papua Selatan. Selain itu sebagai sarana refreshing kembali tentang ilmu kepramukaan dan menyampaikan pendapat secara lisan, serta sebagai media komunikasi untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman, sesama anggota Pramuka.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *