Kembali Sambangi Arta Beach, Untung Sangaji Tunjukkan Inovasi Terbaru

  • Bagikan

MERAUKE,ARAFURA,-Kembali menyambangi Arta Beach gagasannya, Minggu (19/2), mantan Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji, MH terlihat memeriksa sudut demi sudut fasilitas yang sudah dibangun termasuk terobosannya yang terbaru, menanam anggur di area pantai tersebut. Perlahan tapi pasti, beberapa fasilitas mulai berdiri kokoh meskipun belum rampung 100%. Tidak hanya menanam anggur, yang terbaru, Kabagada Rolog Polda Papua ini mencoba memelihara ikan pada kolam yang dibangun untuk area berenang.

Sambil memeriksa tanaman anggurnya, kepada ARAFURA News Untung Sangaji bercerita bahwa Arta Beach sudah berjalan cukup baik. Hanya saja faktor cuaca yang kerap berganti sehingga butuh penyesuaian. “Ya, yang namanya cuaca memang tidak bisa dihindari, jadi kita harus menghormati alam di sini. Kolam sudah selesai dibuat, bantalan untuk pemecah ombak juga sudah rampung.

Memang sempat tertunda karena saya dimutasi ke Jayapura. Untuk itu sesekali waktu saya menyempatkan datang guna memantau langsung. Terlebih yang terkait dengan masalah teknis, saya teliti sekali karena untuk sebuah pekerjaan perlu pengawasan optimal,”jelasnya. Ia menambahkan, café yang sedang dibangun akan dimaksimalkan lagi sehingga tidak ada retakan. Beberapa sumur yang dibuat airnya juga sudah mulai tawar hanya saja karena cuaca sehingga air laut masuk dan berubah menjadi payau. “Mudah-mudahan ke depan cuaca dapat lebih mendukung sehingga segala sesuatunya berjalan lancar,”ungkap polisi kreatif ini.

Menyinggung tentang anggur yang ia tanam, Untung Sangaji mengaku tumbuh dengan cukup baik. Hanya saja rongga untuk pembuangan udara yang lembab atau air perlu ditambah agar perkembangan anggurnya bisa lebih baik. Sedangkan ikan yang dipelihara baru tahap awal dan masih dipantau perkembangannya.

“Sambil menunggu kolam rampung kita pelihara ikan dan yang saya pilih ikan bawal air tawar. Belum lama ini telah dilepas 100 ekor bibit ikan, Jika berkembang dengan baik bisa kita lanjutkan dengan jumlah yang lebih banyak.
Mungkin bisa dipelihara lagi sebanyak 500, 600 bahkan hingga 2.000 sampai 3.000 ekor. Nantinya bisa menjadi area pemancingan yang bagus sambil menunggu penyelesaian pembangunan fasilitas lain di area Arta Beach,”terangnya. Untung Sangaji menambahkan, keberhasilan pemeliharaan ikan tersebut tergantung dari cara merawatnya. Sedikit memberikan edukasi, pria yang pernah menahkodai Polres Aceh Utara ini menjelaskan bahwa kalau ikan baru dilepaskan sebaiknya jangan diberi makan dulu tetapi tunggu hingga 24 jam. Setelah itu barulah diberi makan sedikit demi sedikit sampai ikan dapat menyesuaikan dengan lingkungan barunya. “Kalau berjalan baik, insya allah ikan bisa dipanen dalam jangka waktu 4 bulan,”pungkas Untung Sangaji.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *