Kaya Manfaat, Untung Sangaji Kembangkan Dua Komoditi Ini

  • Bagikan

JAKARTA,ARAFURA,-Buah tin dan anggur Moondrop merupakan dua jenis tanaman yang saat ini tengah difokuskan oleh Ir.H.Ahmad Untung Surianata, MH atau Untung Sangaji, Kapolres Aceh Utara masa jabatan 2016-2018 dan Kapolres Merauke masa jabatan 2020-2022. Memiliki rasa yang enak dan kaya manfaat, kedua jenis buah tersebut sangat cocok untuk dikembangkan apalagi proses pembibitannya juga tidak sulit.

Untung Sangaji berbagi pengetahuan tentang pemanfaatan kedua tanaman ini termasuk langkah-langkah dalam perawatan hingga tiba waktunya dipanen. Ini menjadi salah satu talenta yang dimiliki Untung Sangaji, pria yang pernah viral berkat aksi heroiknya melumpuhkan para teroris di kawasan Sarinah tahun 2016 silam.

Ia berharap wawasan yang ia bagikan kali ini dapat menjadi bekal bagi masyarakat yang tertarik untuk membudidayakan kedua tanaman tersebut, baik dalam skala besar maupun kecil dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang kosong. “Upaya percepatan pembuahan pada bibit tanaman buah tin dapat dilakukan dengan cara mengurangi daun dan intens pemupukan. Saya telah menanam steak bibit buah tin yang saya cangkok karena sudah berakar yaitu Focus Carica atau buah tin ke dalam pot dengan diameter 40 cm sekitar pukul 22.20 WIB. Memang sangat cocok dipindahkan saat malam hari,”terang Untung kepada ARAFURA News via telepon usai mengecek perkembangan tanaman tersebut di kediamannya belum lama ini.

Ia menjelaskan, Focus Carica mengandung beberapa manfaat nutrisi di antaranya karbohidrat, lemak total, vitamin, protein, folat, niacin, thiamin, sodium, selenium, kalsium, magnesium, riboflavin dan masih banyak lagi. Buah tin jika dikonsumsi dengan teratur dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, kesehatan jantung, kepadatan tulang, mempertahankan berat badan, kaya anti oksidan, menyembuhkan anemia, menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes dan mencegah kanker. Buah tin ada yang memiliki daun berbentuk 5 jari dan 3 jari dimana kedua jenis daun ini sangat baik. Sedangkan komoditi anggur Moondrop juga tidak kalah mudahnya, tergantung keuletan saat menanam dan niat untuk memulai. Yang mengejutkan, Untung mampu membuat akarnya tumbuh hanya dalam waktu 24 jam.

“Dalam waktu 24 jam sudah tumbuh 1 cm. Tentu ini sangat mengejutkan dan pasti banyak yang mengatakan tidak mungkin, tetapi saya bisa mewujudkannya. Siapa sangka hanya bermodalkan racikan air beras dan bawang merah ternyata mampu mempercepat pertumbuhan akar,”jelas Untung. Anggur jenis ini memiliki tekstur yang basah dan rasanya manis. “Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada siapa saja termasuk masyarakat, alhamdulilah mereka suka. Ilmu saya bagi secara profesional dan ketika diikuti banyak orang menjadi kepuasan tersendiri. Jadi mereka bisa bersedekah dengan ilmu tersebut dan menjadi keahlian khusus,”pungkas mantan polisi yang sarat prestasi ini.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *