Hari Pers Nasional, Empat Kapolres Papua Selatan Titip Pesan Untuk Jurnalis

  • Bagikan

MERAUKE, ARAFURA, -Seluruh insan pers di Indonesia hari ini, Jumat (9/2) merayakan pertambahan usia melalui Hari Pers Nasional yang tahun ini mengusung tema “Mengawal transisi kepemimpinan nasional dan menjaga keutuhan bangsa”.Tentunya tidak hanya doa dan sukacita yang menyelimuti pertambahan usia tersebut tetapi juga segenap harapan kepada para jurnalis yang diungkapkan oleh berbagai kalangan.

Seperti yang diketahui dalam melakukan aktivitas peliputan, wartawan kerap berhubungan dengan narasumber yang mencakup sejumlah kalangan tidak terkecuali dari jajajaran kepolisian. Menjadi salah satu sumber informasi, kepolisian memiliki kemitraan yang cukup erat dengan pewarta terutama dalam menyebarluaskan informasi terkait program kepolisian kepada masyarakat.

Oleh sebab itu bertepatan dengan peringatan Hari Pers Nasional 2024, berbagai harapan disampaikan oleh pihak kepolisian dalam hal ini langsung dari para Kapolres di empat kabupaten Provinsi Papua Selatan, yakni Kapolres Merauke, Kapolres Asmat, Kapolres Mappi dan Kapolres Boven Digoel.

Kapolres Mappi, AKBP Yustinus S. Kadang, S. Sos, M. Si mengucapkan selamat kepada seluruh wartawan dan berharap melalui peringatan Hari Pers Nasional para wartawan semakin bersemangat dalam melaksanakan profesinya serta mampu menyebarluaskan informasi yang berkualitas kepada masyarakat. Dengan demikian masyarakat semakin cerdas dalam menerima informasi yang disampaikan.

Sementara itu Kapolres Boven Digoel, AKBP I Komang Budhiarta, SIK mengemukakan bahwa pers memiliki peranan penting dalam menginformasikan berita-berita positif dan mampu memotivasi seluruh elemen serta menjalin komunikasi yang baik. Dukungan pers sangat besar termasuk terhadap jajaran kepolisian. “Hubungan saya dengan pers di Boven Digoel cukup baik selama ini, banyak kegiatan Polres Boven yang tidak lepas dari liputan para wartawan sehingga bisa terpublikasikan, ” tukasnya kepada ARAFURA News via telepon, Sabtu (3/2). Pihaknya juga sangat mensupport kegiatan-kegiatan pers bahkan hampir setiap bulan rutin melakukan sharing dengan wartawan.

Hal senada disampaikan AKBP Agus Hariadi selaku Kapolres Asmat bahwa pihaknya menyadari akan pentingnya peranan dan kehadiran pers di Kabupaten Asmat dalam membantu penyebaran informasi kepada khalayak. Selama ini kerjasama antara Polres Asmat dengan wartawan terjalin harmonis dan jika ada pemberitaan selalu dikoordinasikan. Pihaknya juga sangat terbuka dengan insan pers dan berharap dengan peringatan Hari Pers maka kinerja pers khususnya di selatan semakin meningkat.

Terlebih lagi pada momen Pemilu, pers diharapkan dapat membantu memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat. “Semoga sinergitas kita tetap terjalin dengan baik seperti yang sudah terjalin selama ini. Saya melihat pers yang ada di Asmat telah melaksanakan tugasnya dengan baik, jadi mohon terus ditingkatkan dan selamat Hari Pers, ” ungkap AKBP Hariadi.

Yang terakhir adalah harapan dari Kapolres baru tanah Merauke, tanah Anim Ha yang baru beberapa minggu menjabat, AKBP I Ketut Suarnaya, SH, SIK. Mantan Kapolres Nabire ini mengharapkan agar setiap aktivitas peliputan para wartawan senantiasa berjalan lancar dan tetap bersinergi dengan pihak terkait untuk bersama-sama mensukseskan program pembangunan di Provinsi Papua Selatan khususnya di Kabupaten Merauke. Selain itu turut mengedukasi masyarakat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas agar tetap kondusif di tanah selatan tercinta. (iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *