Di Lomba Masak Antar Dusun, Untung Sangaji Tegaskan Komitmen Kembangkan Kuliner Daerah

  • Bagikan

ACEH UTARA,ARAFURA,-Kapolres Aceh Utara masa jabatan 2016-2018 dan Kapolres Merauke masa jabatan 2020-2022, Ir.H.Ahmad Untung Surianata, MH atau Untung Sangaji memang dikenal sangat memperhatikan hasil produksi masyarakat, dimanapun ia berada selalu menyempatkan waktu untuk melihat langsung aktivitas produksi apa saja yang dilakukan warga. Terutama yang menggunakan bahan-bahan lokal dan banyak ditemukan di lingkungan sekitar sehingga mampu menjadi produk yang bernilai dan naik kelas tentunya.

Salah satunya olahan berbagai makanan yang dimasak para ibu pada ajang lomba memasak ibu-ibu antar dusun Gp.Blang Kecamatan Lhoksukon, Sabtu (8/10) dimana Untung Sangaji berkesempatan hadir dan mencicipi beberapa menu yang ditampilkan. Ia merasa kagum dan salut dengan ketrampilan para peserta dalam meracik hidangan, apalagi bahan yang digunakan banyak diperoleh dari daerah setempat.

Makanan tradisional dengan citarasa modern semakin membuat aneka menu yang diperlombakan memiliki kelasnya tersendiri dan semakin dikenal public secara luas. Hal inilah yang diharapkan oleh Untung, dimana kreativitas kuliner warga mampu diterima dan semakin meraih banyak peluang pasar. Sambil berkeliling melihat menu-menu yang ada, mantan polisi yang dikenal berkat talenta dan prestasinya ini sesekali bercengkrama dengan peserta sambil menanyakan perihal menu yang dibuat.

“Peserta konsisten menampilkan makanan rakyat dan banyak didapat dari alam, seperti jantung pisang yang diolah menjadi berbagai jenis olahan mulai abon, kripik serta ada pula olahan laut dan pesona berbagai buah-buahan rakyat,”terang Untung kepada ARAFURA News via telepon. Melihat peluang yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, Untung akan berupaya untuk membantu. Tidak hanya dorongan tetapi juga melalui ide-ide brilian yang tengah ia usung demi memajukan masyarakat.

“Saya lihat menu yang tertata di meja sangat istimewa dan besar harapan bisa hadir di kantor-kantor negeri yang ada di sini. Seharusnya olahan lokal seperti ini dihormati di negerinya sendiri. Saya ingin sekali melihat semua menu tersebut hadir di kantin-kantin yang ada di perkantoran dan bisa dinikmati oleh para pegawai,”ujar Untung di hadapan peserta.

Ia mengharapkan lomba-lomba serupa dapat terus dilaksanakan sehingga makanan asal Aceh semakin dikenal luas. Dirinya mengaku siap untuk membaktikan diri demi membantu masyarakat Aceh Utara, seperti yang sudah ia lakukan di sejumlah daerah. Sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta, dirinya akan memberikan sertifikat penghargaan dan kaos secara khusus.

“Di hadapan warga saya menyampaikan bahwa kaos yang akan diberikan memiliki arti tersendiri karena sudah saya gunakan di seluruh Indonesia untuk mengabdikan diri. Bahkan di tempat-tempat yang berbahaya dengan mengendarai motor Harley saya, namun tetap tidak pernah lupa untuk melakukan kebaikan,”tukas Untung.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *