Gandeng Staf Khusus Presiden, Pj. Bupati Mappi Luncurkan Program MANTAP

  • Bagikan

MAPPI, ARAFURA – Kembali langkah terobosan dilakukan Pemerintah Kabupaten Mappi dalam memajukan wilayahnya. Membangun umber daya manusia Mappi tetap menjadi hal prioritas diberbagai unsur. Maka Program Manajemen Talenta Pemuda Nasional (Mantap) dan Pembukaan Sekolah Kedinasan secara resmi diluncurkan di Kabupaten Mappi. Bahkan hal ini menjadikan Kabupaten Mappi menjadi kabupaten pertama yang mengimplemntasikan Program MANTAP di Tanah Papua.

Peluncuran program ini dilakukan oleh Penjabat Bupati Mappi Michael R.Gomar, S,STP,M, dengan menggandeng Staf Khusus Presiden RI Bidang Inovasi, Pendidikan dan Daerah Terluar, Billy Mambrasar pada Senin (8/5) di Gor Kepi. Kegiatan yang dirangkaikan dengan seminar itu pula dihadiri para pelajar SMA dan SMK, pemuda, organisasi pemuda, organisasi masyarakat, paguyuban/kerukunan, tokoh pemuda, tokoh perempuan, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama.

Billy pada kesempatan itu menguraikan bahwa dengan adanya program yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo ini diharapkan bisa memotivasi generasi muda di Indonesia termasuk yang ada di Kabupaten Mappi, untuk terus belajar mengejar mimpi. Setelah diluncurkan, maka dilakukan transisi data dari SDM Mappi kepada Program Mantap. Kemudian akan ditindaklanjuti dengan pelatihan kepada generasi muda di Mappi. SDM yang ada selanjutnya bisa mengikuti seleksi sekolah kedinasan.
“Yang kami lakukan adalah dengan memberikan pelatihan melalui Program Mantap. Ini sebagai bekal bagi generasi muda untuk mengikuti seleksi -seleksi ke jenjang selanjutnya,”tegasnya.

Sementara itu Penjabat Bupati Mappi, Michael Gomar mengatakan, kegiatan ini sangan baik dalam rangka mempersiapkan talenta muda menjadi pemimpin dan kembali membangun Mappi. Bahkan dengan kehadiran staf khusus Presiden dan tim hari ini menjadi kebanggaan, motivasi bagi SDM Mappi untuk terus bewrkembang dan maju.
Dikatakan pula, Program Mantap merupakan program dari Presiden Joko Widodo yang dilaksanakan oleh semua daerah di Indonesia. Namun yang membanggakan adalah baru pertama kali dilakukan program tersebut di Provinsi Papua Selatan. Maka dengan kompetensi, pengalaman dan rekam jejak yang dimiliki oleh Kaka Billy semoga bisa memotivasi telenta -talenta muda di Kabupaten Mappi. Sehingga pengambil kebijakan dan pelaksana teknis di daerah, baik itu kepala dinas maupun kepala bagian mulai saat ini bisa mempersiapkan program kerja yang nantinya akan diimplementasikan. Terlebih kata Pj Bupati, Pemerintah Mappi saat ini sudah mempunyai program kerja yakni pemberian bantuan pendidikan dan beasiswa di dalam maupun luar negeri kepada anak-anak di Kabupaten Mappi.

Sementara itu nampak para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan. Dan salah satunya Maria Yosefina Amta yang menyatakan kegiatan peluncuran Program Mantap ini sangat memotivasi dirinya karena memberi jalan dan peluang bagi anak-anak muda di Mappi dalam menggapai cita-cita. Hal senada juga disampaikan Fransiskus Kainakaimu yang mengaku senang dengan adanya kegiatan seperti itu. Sehingga dirinya melalui Program Mantap dapat mengetahui adanya peluang dan kesempatan dalam meraih cita-cita. “ Terima kasih bapak Pj Bupati Mappi yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, kedepan kami berharap ada semacam les Bahasa Inggris di luar jam sekolah agar terus mengasah kemampuan kami,”pungkasnya menambahkan. (MPI-Felix)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *