Gandeng BPPP Ambon, Sulaeman Hamzah Gelar Pelatihan Diversifikasi Produk Perikanan

  • Bagikan

MERAUKE,ARAFURA,-Anggota Komisi IV DPR RI, Sulaeman L.Hamzah menggandeng pihak Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon melaksanakan pelatihan diversifikasi produk hasil perikanan yang berlangsung di Rumah Aspirasi, Sabtu (28/10). Adapun yang menjadi sasaran adalah kaum perempuan yang diharapkan mampu meningkatkan ketrampilan dalam mengolah hasil perikanan. “Peserta pelatihan kali ini adalah ibu-ibu yang memiliki tangan trampil, semoga bisa mengikuti dengan baik dan hasilnya bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan sekitar,”ujar Sulaeman saat membuka pelatihan.

Pria yang dikenal dekat dengan masyarakat ini menambahkan bahwa pelatihan yang terlaksana berkat kerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan ini untuk melatih masyarakat dari berbagai kalangan. Ia meminta peserta menyerap ilmu yang disampaikan agar dapat dilaksanakan dengan optimal usai pelatihan. “Sebab provinsi baru kita ini perlu diisi dengan produk olahan lokal dan akan menjadi unggulan. Tidak perlu khawatir soal pemasaran karena banyak peluang yang dapat memperlancar proses pemasaran. Misalnya outlet khusus di kawasan bandara yang disediakan untuk menjual souvenir, oleh-oleh dan berbagai olahan lokal khas dari Merauke. Termasuk olahan dari sektor perikanan,”jelasnya.

Sementara itu BPPP Ambon, Fiona A.B.Nikijuluw menyampaikan, yang menjadi latar belakang penyelenggaraan pelatihan adalah pentingnya sektor perikanan dalam perekonomian nasional. Terutama dalam penyediaan lapangan kerja, sumber pendapatan bagi nelayan, sumber protein hewani dan sumber devisa. Oleh sebab itu agar pemanfaatannya lebih optimal maka dibutuhkan langkah-langkah strategis, salah satunya melalui kerjasama antara BPPP Ambon dengan Anggota Komisi IV DPR RI, Sulaeman L.Hamzah.

BPPP Ambon sendiri merupakan salah satu UPT Kementerian Kelautan dan Perikanan yang membawahi lima provinsi. Adapun tujuannya pelatihan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat khususnya para ibu dalam memanfaatkan hasil ikan yang berlimpah di daerah ini. Pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Rumah Aspirasi Sulaeman Hamzah sekaligus Anggota DPR Papua, Fauzun Nihayah menyampaikan, pelatihan kali ini bukanlah pelatihan yang baru pertama kali dilaksanakan. Jumlah sesungguhnya mencapai ratusan kegiatan sebagai bentuk komitmen dalam melayani masyarakat. Tidak hanya dalam bentuk pelatihan atau bimtek, perhatian juga diberikan dalam bentuk bantuan, salah satunya alsintan.

Khusus untuk pelaksanaan bimtek, lebih kepada optimalisasi SDM di Papua, terlebih lagi dalam membangun DOB yang sangat membutuhkan kemampuan dan sinergitas. “Oleh karena itu kami terpanggil untuk melaksanakan pelatihan dengan menggandeng mitra-mitra Bapak Sulaeman di kementerian,”ujar Fauzun.

Anggota DPRD Merauke, Johan Paulus mengemukakan bahwa Sulaeman Hamzah rutin mengunjungi masyarakat di kawasan selatan karena beliau sangat peduli khususnya masyarakat Papua. Cukup banyak program yang dibawa Sulaeman ke daerah ini dan mencakup berbagai sektor. Pemberdayaan ekonomi masyarakat menjadi salah satu fokus perhatian beliau dan terus dilakukan secara kontinyu. “Kita harus bersyukur karena telah hadir sosok seperti Sulaeman Hamzah yang punya hati untuk masyarakat di sini. Keberadaan Sulaeman di Senayan betul-betul membawa manfaat bagi masyarakat karena memperjuangkan kebutuhan masyarakat di Papua Selatan,”terang Johan.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *