Digelar Rapat TPID dan Satgas Pangan

  • Bagikan

MAPPI ,ARAFURA- Penjabat Bupati Kabupaten Merauke Michael R.Gomar, S.STP, M.Si memandang dalam menyabut akhir tahun dan hari besar keagamaan yakni Perayaan Natal maka digelar Rapat Bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Pangan Kabupaten Mappi dalam rangka mengawasi harga kebutuhan pokok jelang akhir Tahun 2023.

Rapat yang berlangsung di Pendopo pada Senin (16/10) bertujuan untuk mengantisipasi tiga (3) bulan kedepan menjelang akhir Tahun 2023. Dalam arahannya menyampaikan terima kasih kepada dinas Perindagkop dan Polres Mappi yang telah berupaya dalam melakukan pengawasan terhadap beberapa kebutuhan dasar masyarakat.

Pj Bupati menegaskan, kebutuhan masyarakat bukan hanya tentang Bahan Bakar Minyak (BBM) tetapi banyak kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi baik disektor pertanian, perikanan maupun beberapa sektor lainnya.

Maka pemerintah daerah melalui dinas terkait mempunyai kewajiban dan hak untuk melakukan pengawasan secara rutin terhadap stabilitas harga dan stok ketersedian pangan sesuai kebutuhan masyarakat di daerah. Pengembangan disektor pertanian dan perikanan perlu dilakukan untuk menjaga ketersediaan pangan di masyarakat.

“Saya berharap kita secara bersama-sama dengan tim TPID dan stagas pangan terus melakukan pengasawan dan melakukan kontrol terhadap kebutuhan pokok masyarakat dalam menyambut akhir Tahun 2023. Dan hal itu perlu dilakukan pengawasan terkait stabilitas harga serta ketersedian pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,”ungkapnya.

Lebih jauh diterangkan bahwa pemerintah daerah dapat melakukan intervensi langsung di pasar maupun tempat usaha untuk pengendalian harga barang dan jasa tertentu yang memiliki dampak signifikan terhadap inflasi. Sehingga diharapkan untuk mengurangi tekanan inflasi, perlu fungsi kontrol dari tim TPID serta terobosan-terobosan baru yang bergerak di sektor pertanian dan perikanan serta sektor lainnya. (MPI/Felix)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *