Di Mappi Surat Suara Lebih dan Rusak Dimusnahkan

  • Bagikan
Suasana pemusnahan Logistik lebioh dan rusak di Mappi

 

MAPPI,ARAFURA- | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan memusnahkan sebanyak 6.551 surat suara yang dinyatakan lebih dan rusak dalam pasokan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Selasa (13/2/2024), di Halaman Kantor KPU Mappi.

Informasi yang dihimpun dari KPU Kabupaten Mappi, jumlah surat suara lebih dan rusak itu dapat dirincikan sebagai berikut:

1.Surat Suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 671 lembar.
2.Surat Suara Pemilu Anggota DPR RI sebanyak 126 lembar.
3.Surat Suara Pemilu Anggota DPRD Provinsi sebanyak 4.546 lembar.
4.Surat Suara Pemilu Anggota DPRD kabupaten sebanyak 704 lembar.
5.Surat Suara Pemilu Anggota DPD sebanyak 504 lembar.

Kegiatan pemusnahan 6.551 surat suara lebih dan rusak itu disaksikan oleh Sekda Mappi, Ferdinandus Kainakaimu, Kapolres Mappi, AKBP Yustinus S. Kadang, Dandim 1704/Mappi, Letkol Czi Ahmad Ali Akbar, Komisioner KPU Provinsi Papua Selatan, Daniel Ndiwaen, Anggota Bawaslu Kabupaten Mappi, Michael Meypen serta perwakilan partai politik peserta pemilu yakni Ketua DPD Perindo Kabupaten Mappi, Benyamin Ngali dan Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Mappi, Ani Fofid.

Ketua KPU Kabupaten Mappi, Yati Enoch menerangkan, pemusnahan surat suara logistik Pemilu 2024 tersebut merupakan surat suara yang lebih atau rusak. Surat suara yang lebih adalah surat suara kelebihan cetak dari penyedia untuk KPU Kabupaten Mappi.

“Ini menjadi mekanisme dalam penyelenggaraan pemilu bahwa kami akan memusnahkan sesuai regulasi adalah 1 hari sebelum (H-1) pemungutan suara pemilu. Sementara surat suara yang dipesan oleh KPU Mappi sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 80.440 jiwa ditambah dengan 2 persen dari DPT yakni 2.218 jiwa, sehingga total berjumlah 82.218 lembar surat suara,” jelas Yati Enoch dalam kegiatan pemusnahan.

“Namun kesemuanya ini dalam 1 koli surat suara biasanya ada kelebihan, sehingga cetakannya biasanya 500 lembar lebih. Kami sudah tuangkan semua ini dalam berita acara pemusnahan,” sambungnya.

Menyangkut kelebihan surat suara, KPU Mappi disampaikan melalui pimpinan KPU Provinsi Papua Selatan bahwa KPU Mappi ada kelebihan surat suara berjumlah 4.529 lembar ditambah dengan 2.022 lembar surat suara rusak, sehingga total berjumlah 6.551 lembar surat suara yang dimusnahkan.

“Kami KPU Mappi juga telah menyelesaikan pengiriman logistik Pemilu kurang lebih ke 15 distrik. Saat ini adalah distrik terakhir yang akan didistribusikan, yakni besok pagi untuk daerah sekitar ibukota Kabupaten Mappi. Mari kita ciptakan pemilu yang jujur dan adil,”pintanya. (Ist/Felix)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *