Bintek Transisi PAUD ke SD Diikuti Puluhan Guru

  • Bagikan

MAPPI ,ARAFURA- Dinas Pendidikan Kabupaten Mappi melakukan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) bagi guru PAUD dan guru SD kelas awal tahun 2023 Se-Kabupaten Mappi yang berlangsung mulai Rabu (18/10).

Pada kesempatan itu Penjabat Bupati Kabupaten Mappi Michael R. Gomar S.STP.,M.Si melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mappi Sumarno,S,Sos.,M.Pd mengatakan Program Merdeka Belajar yang digulirkan pemerintah melalui Kemendikbudristek telah memberikan warna tersendiri bagi dunia pendidikan.

Menurutnya, kebijakan ‘Merdeka Belajar’ merupakan langkah untuk menstranformasi pendidikan demi terwujudnya sumber daya manusia yang unggul yang melalui penguatan profil Pelajar Pancasila. Disebutkan ,pada episode ke-24 Program Merdeka Belajar, yaitu menegaskan tentang Transisi PAUD ke SD merupakan terobosan pemerintah.

Dalam hal ini bagaimana mempermudah proses perpindahan peran anak sebagai peserta didik paud, menjadi peserta didik SD dan penyesuaian diri anak dengan lingkungan belajar baru. Transisi PAUD ke SD ini harus bisa membangun kepercayaan diri anak sebagai persiapannya memasuki tahapan pendidikan yang lebih tinggi yakni jenjang Sekolah Dasar.

“Tidak dapat dipungkiri saat ini di lingkungan kita masih ditemukan banyak anak yang tidak sempat menjalani pendidikan di jenjang PAUD melainkan langsung memasuki jenjang kelas satu Sekolah Dasar. Hal ini membuat mereka tidak mendapatkan fase fondasi yang menjadi hak-nya. Kondisi ini semakin marak terjadi di masa pandemi,”ungkapnya.

Ditegaskan kembali, Transisi PAUD ke SD ini sangat penting karena dimasa transisi inilah,saat anak memasuki kelas awal di SD menjadi masa yang sangat penting untuk menguatkan berbagai kemampuan pondasi pada anak. Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti dasar literasi, numerasi serta pemahaman tentang hal-hal mendasar yang terjadi sehari-hari.

“Kegiatan Transisi PAUD ke SD adalah program kerja POKJA Bunda PAUD Kabupaten Mappi. Kita Selama 3 hari kedepan ini para Guru PAUD dan Guru SD Kelas Awal akan mengikuti Kegiatan Transisi PAUD ke SD,” ucapnya. (MPI/Felix)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *