Bimtek Pertanian Perkotaan Hidroponik, Bidik Kaum Perempuan Di Merauke

  • Bagikan

MERAUKE,ARAFURA,-Bimbingan teknis (bimtek) pertanian perkotaan hidroponik yang merupakan kerjasama sama antara Anggota Komisi IV DPR RI, Sulaeman L.Hamzah dan Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Papua yang berlangsung di Rumah Aspirasi Sulaeman Hamzah, Rabu (30/8) membidik peserta para kaum wanita yang berasal dari 11 kelurahan se-Distrik Merauke. Mereka memiliki basic yang beraneka ragam, mulai dari pengurus organisasi wanita, PKK, Fatayat NU, majelis taklim dan lain sebagainya.

Sebagai wakil rakyat di Senayan, Sulaeman sangat jeli melihat potensi dan peluang di sekitar tempat tinggal maupun lingkungan warga. Salah satunya potensi tanaman hidroponik yang dapat dibudidayakan warga dan hasilnya sangat bermanfaat untuk menambah penghasilan keluarga. Terkait dengan hal itu, ia langsung bergerak cepat dengan menggandeng Kementerian Pertanian untuk melaksanakan bimtek di Kabupaten Merauke.

“Sasaran yang kita bidik tersebar di semua lini dan secara bertahap kita berupaya untuk tuntaskan dalam rangka membantu pemerintah baik kabupaten maupun provinsi. Terlebih setelah hadirnya provinsi baru tentunya kita harus bisa mengisi pembangunan di segala bidang demi mensejahterakan masyarakat,”tukas Sulaeman kepada wartawan usai membuka bimtek. Sementara itu Fauzun Nihayah selaku Direktur Eksekutif Rumah Aspirasi Sulaeman Hamzah menambahkan bahwa ketahanan pangan di Provinsi Papua Selatan harus tetap berjalan dan salah satu subjek yang dapat membantu mensukseskan hal tersebut adalah kaum perempuan termasuk ibu rumah tangga.

Oleh sebab itu diperlukan bimtek yang tepat sasaran. Adapun alternatif pertanian perkotaan yang dapat dilakukan adalah sistem hidroponik. “Sebab dengan lahan yang sempit butuh kejelian untuk dapat memanfaatkannya sehingga bermanfaat. Jadi bagaimana memanfaatkan area di rumah untuk menanam aneka sayuran sehingga dapur mereka juga tetap ngebul,”terang wanita yang juga anggota DPR Papua ini.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BSIP Provinsi Papua, Martina Sri Lestari menyampaikan terima kasih karena pihaknya diberikan kepercayaan oleh Sulaeman Hamzah untuk melaksanakan bimtek. Perlu diketahui, program Kementerian Pertanian cukup banyak dan berkat peran serta Sulaeman Hamzah sehingga dapat direalisasikan di Provinsi Papua Selatan. “Jadi program kementerian bisa sampai ke sini juga tidak terlepas dari perjuangan Bapak Sulaeman Hamzah sehingga perlu didukung agar pertanian di Papua Selatan dapat terus maju dan berkembang,”ujarnya.

Ia mengungkapkan, banyak permintaan dari beberapa kabupaten lainnya agar daerah mereka juga mendapat giliran mengikuti bimtek namun belum terlaksana. Oleh sebab itu dengan terlaksananya bimtek di Kabupaten Merauke menjadi momentum yang sangat baik dan patut disyukuri.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *