Baru 400 BTS 4G Yang On Air

  • Bagikan
Project Leader Yayasan Belantara Papua, Alves Fonataba (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,- Project Leader Yayasan Belantara Papua, Alves Fonataba mengemukakan bahwa Bakti Kominfo menargetkan pembangunan BTS 4G hingga tahun 2024 dengan jumlah sebanyak 4.000 BTS khusus di kawasan Papua. Saat ini tercatat 1.200 BTS 4G  yang sudah dibangun dan sudah on air. “Jadi bagaimana memanfaatkan BTS 4G yang sedang dibangun Kominfo melalui Bakti Kominfo. Kita baru mengerjakan 400 BTS yang sudah on air dan secara administrasi juga sudah selesai.

Program ini mencakup wilayah Merauke, Asmat, Boven Digoel, Mappi, Sarmi, Mamberamo dan Keerom guna mengatasi kesenjangan digital khususnya di wilayah 3T,”terangnya kepada wartawan di Hotel Itese Selasa lalu. Elves menambahkan, BTS yang tengah dibangun memang tidak berada di dalam kota namun lebih fokus di kampung-kampung. Sejauh ini untuk pemanfaatan jaringan diakui masih ada masyarakat yang belum paham, dalam hal ini mereka belum mengetahui fungsi dari pemasangan BTS di wilayah mereka.

Ia menegaskan,  BTS yang dibangun oleh Bakti Kominfo hanya dapat diakses dengan menggunakan handphone yang sudah berbasis 4G  dan paket data. Oleh sebab itu pihaknya mengadakan pelatihan  capacity building pendamping lapangan pemberdayaan dan pendampingan literasi dengan membidik warga di sekitar wilayah pembangunan BTS. “Tujuannya untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang manfaat 4G karena masih ada wilayah yang tidak menunjukkan peningkatan kegunaan fasilitas ini,”pungkasnya.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *