Bantu Warga Lewat UMKM, Untung Sangaji Gencar Edukasi

  • Bagikan

ACEH UTARA, ARAFURA, -“Mereka semua adalah saudara kita juga yang membutuhkan kepedulian dan perhatian, terutama mereka yang masih kesulitan dalam mencari nafkah. Oleh sebab itu pembinaan UMKM akan terus digencarkan sehingga kehidupan ekonomi warga menjadi lebih baik, “demikian ungkap Ir. Untung Sangaji, M. Hum, Kapolres Aceh Utara masa tugas 2016-2018 kepada ARAFURA News usai dirinya memberikan edukasi dan sosialisasi tentang program home industry dan UMKM kepada masyarakat di Gampong Batu XII Kecamatan Cot Girek belum lama ini. Sosialisasi yang berlangsung di balai pengajian itu mendapat sambutan positif warga yang berduyun-duyun datang untuk mendengarkan edukasi sekaligus bersilaturahmi dengan pria yang pernah sukses memimpin institusi Polri di Aceh Utara itu.

Melalui sambungan telepon, Selasa (23/1), Untung bercerita bahwa selama menetap di Aceh Utara ia terus melakukan langkah-langkah dan upaya untuk membantu masyarakat. Sebab menurutnya, masih banyak yang membutuhkan sentuhan dan kali ini dirinya berkesempatan menyambangi wilayah Cot Girek dan bertatap muka langsung dengan masyarakat setempat. Di lain kesempatan ia juga menyambangi beberapa wilayah lainnya dengan visi yang sama sehingga semakin banyak warga yang memahami akan pentingnya mandiri dengan memanfaatkan potensi di bidang UMKM

Antusiasme warga yang cukup tinggi membuat dirinya salut karena itu menunjukkan bahwa ada semangat dan motivasi yang kuat dalam diri mereka untuk maju dan berkembang. Termasuk ketika Untung bercerita tentang ketrampilan menghasilkan berbagai produk dari hasil alam sekitar hingga limbah yang terbuang.

Ia menyampaikan tentang masyarakat yang sukses dilatihnya di sejumlah daerah saat masih aktif di kepolisian dan hal itu akan terus dilakukan pasca dirinya purnatugas. Sebut saja pembuatan kancing baju dari limbah batok kelapa, memanfaatkan potensi komoditi kelapa dengan membuat VCO, lalu ada pula produk batako yang dibuat dengan kualitas bagus, aneka cangkir dari lumpur dan tanah liat bahkan menyulap limbah kayu di pinggir pantai menjadi produk dan karya seni menarik serta memiliki nilai jual tinggi.

Namun sebenarnya karya yang dihasilkan Untung tidak hanya sampai di situ karena masih banyak lagi yang akan digagasnya dengan melihat potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Aceh Utara. Pria yang juga pernah bertugas di Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan ini memang sangat peka dengan potensi di lingkungan sekitar dan dengan talenta yang dimiliki ia mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang. (iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *