Akhirnya Pesawat ATR Trigana Landing Perdana di Bandara Kepi

  • Bagikan
Nampak suasana menyaksikan landing perdana ATR Maskapai Trigana di Bandara Kepi Kabupaten Mappi. (foto.ist)

MAPPI,ARAFURA – Setelah menanti kurang lebih 19 tahun lamanya akhirnya Pesawat Jenis ATR Maskapai Trigana Air melakukan landing perdana di Bandara Kepi Kabupaten Mappi pada Selasa (5/9). Dimana penerbangan tersebut merupakan test landing dan take off dengan tree letter code PK – YSP dengan angkut membawah 44 orang penumpang.

Test landing dan take off Meskapai Trigana Air pada landasan pacu Bandara Kepi turut disaksikan langsung oleh Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan, Dr.Ir Apolo Safanpo, ST.,MT, Penjabat Bupati Kabupaten Mappi Michael R. Gomar S.STP.,M.Si, Kadis Perhubungan Provinsi Papua Selatan, Syamsul Nur. Dan turut pula disaksikan oleh Sekda Kabupaten Mappi, Angggota DPRD Kabupaten Mappi, tokoh adat, tokoh Perempuan dan Masyarakat di Kabupaten Mappi.

Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan, Dr.Ir. Apolo Safanpo, ST.,MT mengatakan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Penjabat Bupati Kabupaten Mappi dengan hadirnya pesawat Jenis ATR di Kabupaten Mappi akan mampu memberikan pelayanan lebih lebih banyak lagi kepada masyarakat dalam menggunakan transportasi udara.

“Pertama kita memberikan apresiasi yang tinggi dan penghargaan kepada Bapak Pj Bupati Mappi dan jajarannya juga kepada pimpinan DPRD yang selama ini memperjuangkan bandara Apron dan terminal representatif dan fligth dari pesawat yang mempu membawah 44 orang penumpang. Ini adalah baik sebab dalam seminggu akan dilayani 3 kjali rute Merauke Kepi sebaliknya. Jadi Saya memberi apresiasi yang tinggi kepada Pj Bupati Mappi dan jajaran atas hasil ini,”ucapnya.

Dikatajkan pula, bila selama ini kalau mengirim barang dalam jumlah yang besar, itu harus carter. Tapi dengan hadirnya pesawat ATR ini cukup dengan cargo saja. Ada juga free bagasi 10 Kg dari meskapai. Dan juga penumpangnya bisa dalam jumlah yang lebih banyak lagi. Sehingga diharapkan pertumbuhan dan perkembangan daerah ini semakin lebih cepat. Atasnama pemerintah dan masyarakat Provinsi Papua Selatan kami mengucapkan selamat kepada pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Mappi. Dengan landasan pacu yang kurang lebih sepanjang 1.400 meter dan ada juga apron dan terminal yang baru bisa bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan didaerah ini.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Papua Selatan juga ikut mengambil bagian untuk melengkapai bagian – bagian yang masih kurang. Dan ada rencana mengundang Bapak Presiden Jokowi untuk hadir dan meresmikan secara langsung Bandara Kepi. Sementara Terkait dengan tiket nanti akan disubsidi oleh pemerintah tetapi kita diskusi dulu antara Pemprov dan Pemkab Mappi. Tetapi untuk saat ini masyarakat bisa akses Kepi – Merauke dengan harga kurang lebih Rp. 1.200.000 – 1.300.000.

Sementara itu Penjabat Bupati Kabupaten Mappi, Michael R. Gomar S.STP.,M.Si menyampaikan terimkasih atas kesediaan waktu dari Bapak Pj Gubernur Provinsi Papua Selatan untuk hadir mengikuti test landing dan take off meskapai Trigana Air jenis ATR di Bandara Kepi Kabupaten Mappi. “Kami berharap untuk pengembangan kedepannya tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah kabupaten Mappi. Tetapi ada juga dukungan dari Provinsi Papua Selatan untuk pengembangan bandara yang juga menjadi ikon bagi seluruh warga masyarakat Kabupaten Mappi,”ucapnya.

Dikatakan, test landing dan take off pesawat jenis ATR pada hari ini adalah kerinduan dan harapan dari seluruh masyarakat Mappi. Akses mobilisasi transportasi udara akan terbuka, pertumbuhan ekonomi masyarakat akan terbuka. Dan juga masyarakat akan mendapatkan layanan transportasi udara dengan baik. Maka ada rencana kedatangan Bapak Presiden untuk meresmikan terminal dan bandara tentunya sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Mappi, (MP/FelixI).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *