Aipda Jasman Tristanto, Polisi Dari Merauke Raih Penghargaan Bergengsi

  • Bagikan

JAYAWIJAYA,ARAFURA,-Dalam sebuah upacara kehormatan di Polres Jayawija, Jumat (13/10), sepuluh anggota Polri yang berprestasi menerima penghargaan “Vicvapa Brahmagola” dari Kabaharkam Polri, Komisaris Jenderal Polisi Dr. Drs. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si. Penghargaan ini bentuk apresiasi atas dedikasi luar biasa para polisi tersebut dalam menjalankan tugas mereka.

Salah satu penerima penghargaan adalah polisi dari Polres Merauke yakni Aipda Jasman Tristanto, yang menjabat sebagai Kanit Bintibsos Sat Binmas Polres Merauke. Aipda Jasman menerima penghargaan atas prestasinya yang gemilang dalam berinovasi melakukan pemberdayaan UMKM dan pendampingan kepada petani kopi Muting di Kabupaten Merauke. Inisiatifnya ini telah memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.
Penghargaan “Vicvapa Brahmagola” ini memiliki makna mendalam, yaitu melindungi seluruh alam semesta dan diberikan sebagai pengakuan atas upaya para anggota Polri yang berdedikasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Kabaharkam Polri juga mengajak setiap Bhabinkantibmas untuk berperan aktif dengan turun ke lingkungan tempat binaan, menjadi sahabat masyarakat, serta menjaga kekompakan dan kebersamaan. Diharapkan dapat meningkatkan pelaksanaan tugas Polri di wilayah masing-masing. Selain Aipda Jasman, sembilan anggota Polri lainnya yang mendapat penghargaan yaitu IPTU I Made Ambo Arjana, S.H., M.H. (PS. Kasat Binmas Polres Jayapura) dengan prestasi inovasi dalam menciptakan pakan ayam kampung dari bahan alam (batang pisang dan dedaunan) serta membuat Mapolsek yang ramah anak dengan mendirikan taman bermain dan rumah belajar Pijar di Polsek Depapre,
IPDA Yusuf Habel Apiem, S.Th (PS. Kasat Samapta Polres Dogiyai) prestasi: berhasil menghentikan penyerangan terhadap anggota TNI/Polri di Pos II Pertigaan Kamuu Selatan, bahkan menjadi salah satu korban yang mengalami luka panah, AIPTU Arman, S.H. (PS. Kanit Binmas Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Jayapura Polresta Jayapura Kota) prestasi berinovasi dengan membentuk “Kampung Bebas Narkoba” di Kelurahan Argapura, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, BRIPKA Steven Tomas Fenetiruma (Banit Harkan Kapal Sat Polair Polresta Jayapura Kota) prestasi berinovasi dengan merevitalisasi situs keagamaan di Kampung Enggros, Distrik Abepura, Kota Jayapura, BRIPKA Jawardi, S.H. (Panit Tindak Subdit Gakkum Ditpolairud – Polda Papua) prestasi mengungkap jaringan penyelundupan narkotika jenis ganja kering dari PNG ke Manokwari Papua Barat, dengan temuan barang bukti ganja kering seberat 2,5 kg, BRIPKA Kamaludin, S.H. (PS. Kanit Bintibsos Satbinmas Polres Keerom) prestasi berinovasi dengan melakukan pembinaan khusus bagi petani (masyarakat asli Papua) dan membentuk kelompok tani padi bersama tokoh masyarakat, BRIPKA Evellyn Stella Krebu, S.H. (Banit Binmas Polresta Jayapura Kota) prestasi menjadi inovator dalam membentuk “Kampung Bebas Narkoba” di Argapura Pantai, Distrik Jayapura Selatan, BRIPDA Guntur Febrian Rumaropen (Banit Samapta Polres Dogiyai) prestasi berhasil menghadang pergerakan massa di jalan masuk Kampung Ekimanida dan mengalami luka panah sebagai korban serta BRIPDA Jhon Eliaser Samon (Banit Samapta Polres Dogiyai) dengan prestasinya mengevakuasi masyarakat yang tertinggal di area jalan Trans Nabire – Enarotali saat terjadi konflik sosial dan mengalami luka panah sebagai salah satu korban.

Kepada ARAFURA News via telepon, Jasman dengan penuh kerendahan hati dan perasaan bersyukur berbagi ungkapan terima kasih dan rasa haru kepada semua pihak yang telah menjadi bagian dari perjalanan prestasinya ini. Penghargaan “Vicvapa Brahmagola” yang ia terima adalah bukti bahwa inovasi dan dedikasi polisi dapat menciptakan dampak positif yang besar.

“Kepada orang tua saya, terima kasih atas segala kasih sayang, dukungan dan inspirasi yang mereka berikan selama ini. Semua yang saya capai adalah juga kemenangan mereka. Terima kasih atas doa-doa yang tak henti-hentinya mengiringi langkah-langkah saya.
Kepada istri saya, dia adalah sumber inspirasi dan kekuatan saya. Terima kasih telah selalu berada di samping saya, mendukung dan memahami betapa pentingnya tugas ini. Istri saya adalah mitra sejati dalam perjalanan ini, “terangnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Merauke, Bupati Merauke, dan Kabag Perekda Kabupaten Merauke atas dukungan yang luar biasa selama ini. Prestasi ini tidak mungkin terwujud tanpa kerjasama dan dukungan dari semua pihak. “Kami berbagi visi untuk kemajuan daerah ini dan saya berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam mencapainya, “ujar Jasman.

Menurutnya, penghargaan ini adalah hasil dari tim kerja yang luar biasa, baik dari rekan-rekan kepolisian maupun masyarakat yang pihaknya layani. Ia berterima kasih karena telah mempercayai dirinya dan berjuang bersama dalam pemberdayaan UMKM dan pendampingan petani kopi Muting. “Bersama, kita telah menciptakan perubahan positif yang berarti.

Terakhir, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada petani Kopi Muting. Mereka adalah alasan utama kami melakukannya. Dukungan dan kepercayaan telah memotivasi kami untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik. Kami berkomitmen untuk terus melayani dan melindungi dengan setulus hati, “pungkas Jasman.(iis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *