8 Cara Hidup Sehat yang Terlihat ‘Gampang’ Tapi Masih Sering Diabaikan

  • Bagikan
Ilustrasi

Cara hidup sehat itu bukan hanya menjalankan olahraga loh. Ada beberapa kegiatan yang bisa mendukung pola hidup sehat seseorang. Yang jelas, tidak hanya didorong dengan asupan-asupan dalam tubuhnya melainkan juga dari kegiatan luar yang dilakukan.

Meski banyak yang bisa dilakukan, namun rupanya banyak juga orang yang masih malas untuk menerapkannya. Padahal pola hidup sehat itu sangat penting.

Lantas, seperti apa cara hidup sehat yang baik itu? Dilansir dari laman Harvard Medical School dan beberapa sumber lainnya, yuk cari tahu di artikel ini!

Cara Hidup Sehat

1. Minum Air yang Cukup

freepik.com

Foto : freepik.com

Cara hidup sehat yang kelihatannya mudah tapi sulit dilakukan adalah minum air yang cukup. Tubuh kita membutuhkan air. Mereka membutuhkannya untuk kesehatan sendi, pencernaan dan peredaran darah, dan lebih banyak lagi. Minum air baik untuk kinerja mental, suasana hati dan kulit kita, dan juga membantu kita untuk lebih mengontrol apa yang kita makan.

Jika kita tidak cukup minum, kita mungkin mengalami sakit kepala atau kram otot, dan gejalanya pasti akan semakin memburuk saat dehidrasi berlanjut. Jumlah yang disarankan untuk diminum per hari bervariasi, tetapi umumnya 2-3 liter sudah cukup. Dan jika kita memilih air daripada soda maka kita akan terhidrasi, sambil menghilangkan sebagian gula dari makanan kita, dan itu adalah pertukaran yang bagus untuk dilakukan.

2. Tidur yang Cukup

freepik.com

Foto : freepik.com

Kalau kamu punya kebiasaan buruk begadang dan kurang tidur hati-hati! Karena kurang tidur telah dikaitkan dengan beberapa kondisi serius termasuk diabetes, penyakit kardiovaskular, dan sistem kekebalan yang melemah. Jadi mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas bukanlah suatu kemewahan, melainkan suatu keharusan.

Bagaimana supaya kita bisa memperoleh waktu tidur yang cukup? Olahraga teratur bisa sangat membantu, apalagi dengan meditasi dan aktivitas penghilang stres lainnya seperti yoga atau perhatian penuh. Mandi air hangat, secangkir teh chamomile panas, atau minyak lavender di atas bantal juga bisa menenangkan kita dan membantu kita tertidur.

Makan lebih awal di malam hari, dan menghindari kafein sepanjang sore bisa menjadi pengubah pola tidur kita yang susah. Lalu, mengatur waktu bermain ponsel di malam hari juga sangat membantu.

3. Rutin Lakukan Latihan Olahraga

freepik.com

Foto : freepik.com

Cara hidup sehat selanjutnya yang perlu dilakukan adalah rutin exercise atau olahraga. Olahraga baik untuk kita dalam berbagai cara. Ini memperkuat hati kita, meningkatkan sirkulasi kita dan memberi makan otot-otot kita dengan oksigen. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Secara medis juga terbukti bahwa orang yang melakukan olahraga teratur memiliki risiko osteoartritis hingga 83 persen lebih rendah, risiko patah tulang pinggul 68 persen lebih rendah, dan risiko kematian dini 30 persen lebih rendah. Orang yang berolahraga juga mengalami pelepasan serotonin dan endorfin ajaib yang membuat mereka merasa sangat baik dan memiliki risiko depresi 30 persen lebih rendah. Jadi, apa lagi yang kamu tunggu?

4. Jadilah Vegan

freepik.com

Foto : freepik.com

Cara yang satu ini sebenarnya cukup opsional. Mengingat tidak semua orang menyukai sayuran. Namun, tetap saja ada banyak sekali manfaat kesehatan yang didapat dari mengonsumsi sayuran.

Vegan yang makan diet makanan utuh yang seimbang mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan sekaligus mengurangi risiko banyak penyakit termasuk penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker. Makan nabati bahkan dapat menghentikan dan membalikkan beberapa penyakit kronis, dan dapat membantu kamu hidup lebih lama.

5. Berhenti Merokok

freepik.com

Foto : freepik.com

Cara hidup sehat selanjutnya adalah dengan berhenti merokok! Kerugian merokok itu sudah menjadi rahasia umum dan diketahui banyak orang. Hidup lebih baik dan lebih sehat berarti mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kanker paru-paru yang terkait dengan tembakau. Jika kamu sudah mencoba berhenti sekali dan gagal, silakan coba lagi.

Ada banyak sumber daya yang membantu kamu berhenti merokok mulai dari dukungan moral hingga alat bantu berhenti merokok. Semakin cepat kamu dapat melepaskan diri dari racun tersebut, semakin cepat kamu dapat memperoleh kesehatan yang baik.

6. Berjalan Lebih Banyak

freepik.com

Foto : freepik.com

Cara hidup sehat selanjutnya yang terlihat mudah tapi sulit dilakukan adalah membiasakan diri jalan kaki. Berjalan sangat bagus untuk tubuh, otak, dan jiwa kita. Ini meningkatkan sirkulasi kita, membantu memperkuat tulang kita, mendukung sendi kita, dan membantu kita tidur lebih baik. Berjalan kaki singkat dapat meningkatkan detak jantung kita dan membantu menjaga kesehatan jantung, sementara berjalan-jalan di pedesaan dapat melakukan keajaiban bagi keadaan pikiran kita.

7. Hindari Orang Negatif

freepik.com

Foto : freepik.com

Salah satu cara hidup sehat yang mungkin sering terabaikan adalah menghindari berbagai macam beban pikiran. Padahal caranya cukup mudah untuk dilakukan, yaitu menghindari orang-orang negatif yang muncul di pikiran. Terutama mereka yang membuatmu stres, kesal atau marah yang mungkin tidak tahu bahwa ini adalah efeknya pada kesehatanmu.

Jika kamu dapat berbicara dengan mereka tentang bagaimana perasaan mereka terhadapmu, itu bisa membantu, tetapi ada beberapa kasus di mana mungkin lebih baik untuk membuat jarak di antara kalian. Lebih sulit jika mereka adalah anggota keluarga atau bagian dari lingkaran sosial tetapi tidak ada hukum yang mengatakan kamu harus menghabiskan waktu dengan orang-orang hanya karena kamu memiliki hubungan keluarga.

Membatasi kontak kamu dengan mereka atau dengan lembut menghapus mereka dari hidupmu sama sekali bisa sangat membebaskan, dan dapat sangat meningkatkan kesehatan mental kamu.

8. Jadilah Lebih Positif

freepik.com

Foto : freepik.com

Kebugaran secara fisik itu memang penting untuk kesehatan, tetapi jangan lupa juga untuk pikirkan kebugaran mental. Kata pria paling bahagia di dunia, Mattieu Ricard, seorang biksu Tibet yang pemindaian otaknya menunjukkan bahwa dia mengalami tingkat emosi positif yang sangat besar di area otak yang terkait dengan kebahagiaan.

Diantara tipsnya adalah kita melatih otak kita dengan menyisihkan waktu 15 menit setiap hari untuk berpikir positif. Ini bisa terjadi saat kita berjalan ke tempat kerja, di kamar mandi, saat membuat makan malam atau dengan duduk untuk secara khusus memikirkan pemikiran-pemikiran ini. Berfokus pada hal positif dalam hidup kita membantu kita mempertahankan perasaan itu dan, kata Ricard, kita harus mulai merasakan manfaatnya dalam beberapa minggu.

9. Biasakan Makan dengan Bahan Olahan yang dimasak daripada Makanan Instan yang dibeli

freepik.com

Foto : freepik.com

Cara hidup sehat yang satu ini mungkin sudah jadi rahasia umum. Mengandalkan makanan yang praktis memang sangat mudah dan menghemat waktu kita menjalani kehidupan sehari-hari. Akan tetapi jika kita meluangkan sedikit waktu untuk memasak makanan, kita bisa menuai hasil yang cukup besar.

Hal itu memungkinkan kita untuk: makan persis makanan yang kamu inginkan dengan rasa yang kamu sukai; menghemat uang; mengurangi penambahan yang tidak sehat pada makanan ringan; dan bisa melakukan sesuatu yang kreatif dan memberikan inovasi.

Itulah dia beberapa tips dan cara hidup sehat yang bisa diterapkan oleh semua orang. Untuk bisa menerapkannya memang dibutuhkan tekad dan keseriusan demi diri sendiri. Bagaimana, kamu sudah siap lebih sehat?(sumber:intipseleb.com)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *